Waspada! Inilah Beberapa Penyakit Yang Disebabkan Karena Polusi Udara, Simak!

Seiring dengan berjalannya waktu, kita bisa meraskan bahwa dunia semakin mengalami kemajuan dalam segala sektor seperti teknologi yang memudahkan semua pekeraan manusia. Tentu ada banyak sekali hal positif yang bisa dirasakan namun tak bisa dipungkiri bahwa semua ada kekurangannya. Jalanan yang semakin padat sebab dipenuhi dengan kendaran membuat beberapa kerusakan seperti udara yang tercemar, cuaca yang semaikn panas dan masih banyak lagi. Kali ini kami akan membahas seputar beberapa penyakit yang disebabkan oleh polusi udara. Bagi kalian yang penasaran, simak ulasannya sebagai berikut.

1. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)

Penyakit pertama yang dapat disebabkan karena polusi udara yaitu ISPA yang merupakan infeksi saluran pernapasan. Gejala yang dapat ditimbulkan dari ISPA yaitu batuk, pilek, dan demam. Tentu jika kita mengalami batuk maka kita harus menyembuhkannya dengan obat batuk, jika itu terjadi pada anak maka kita bisa memberikannya obat batuk anak. Tetapi lebih dari itu ISPA adalah suatu penyakit yang mudah menular dan bisa dialami oleh siapapun. Tidak bisa diremehkan, ISPA telah mengakibatkan empa juta orang menunggal setiap tahunnya, dan 98% disebabkan karena infeksi saluran pernapasan bawah.

2. Asma

Kalian tentunya sudah seirng mendengar tentang penyakit Asma bukan? Ya penyakit tersebut merupakan jenis penyakit jangka panjang yang dialami oleh saluran pernapasan. Asma dapat ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan yang dapat menimbulkan sesak napas. Tentu asma adalah salah satu penyakit yang tidak boleh diremehkan sebab asma dapat menyerang siapa saja dan kerap kali muncul secara tiba-tiba. Jika kamu berada pada kondisi cuaca dingin dan polusi udara maka bukan tidak mungkin hal itu dapat menjadi pemicu teradinya asma. Maka dari itu jika kamu memiliki gejala asma, segera periksakan diriumu ke dokter.

BACA JUGA  Perbedaan Chil Kid Platinum dan Reguler

3. Pneumonia atau paru-paru basah

Tidak bisa dipungkiti bahwa paru-paru basah adalah salah atu penyakit yang berbahaya sebab menyangkut saluran pernapasan. Penyakit paru-paru basah adalah suatu penyakit yang terjadi karena infeksi yang memicu inflamasi pada kantung-kantung udara atau pada alveolus yang terdapat di salah satu bagian par-paru. Pemicu terjadinya penyakit tersebut bisa disebabkan karena infeksi virus, jamur, dan bakteri yang menyerang sistem pernapasan. Gejala yang akan dialami biasanya demam, batuk dan kesulitan untuk bernapas. Kamu bahkan harus wasapada sebab, paru-paru basah tidak hanya menyerang orang dewasa saja, melainkan anak-anak.

4. Serangan Jantung

Penyakit yang paling berbahaya di dunia yaitu Serangan Jantung, bisa disebabkan karena seseorang menghirup udara yang terdiri dari polutan berbahaya. Hal itu dapat menyebabkan ateroklerosis, suatu kondisi kardiobaskular. Mungkin kamu bertanya-tanya apa itu ateroklerosis? Yatiu terjadinya penyempitan pembuluh darah yang disebabkan karena penumpukan plak di dinding pembuluh darah. Tentu kamu memiliki banyak sekali resiko jika tidak segera memeriksakan dirimu ke dokter apalagi seiring dengan berjalannya waktu, penumpukan plak di dalam dinding pembuluh darah akan mengakibatkan pengentalan arteri. Jika arteri sudah mengental maka aliran darah akan terbatas, nutrisi atau bahkan oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh tubuh.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan speutar beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh polusi udara. Sebenarnya masih ada beberapa penyakit seperti Bronchopneumonia yang disebabkan oleh polusi udara dan beberapa penyakit lainnya. Maka dari itu kamu harus menjaga kesehatan tubuhmu dengan baik ya.