Solar Air Conditioning (SAC) – Kenyamanan Bebas Rasa Bersalah untuk Musim Panas

 

Musim panas awal biasanya membawa kelegaan yang menyenangkan dari musim dingin yang menusuk tulang, tetapi pada bulan April & Mei, panas musim panas mulai mempengaruhi, baik secara fisik maupun mental. Dan jika iklimnya tropis, seperti di sebagian besar wilayah India, hari-hari yang panas bisa membuat stres. Tingkat energi individu turun dan begitu pula produktivitas mereka.

Ini adalah saat AC modern hadir sebagai Hadiah Tuhan. Tidak sangat besar. Perkantoran, laboratorium, hotel, gedung publik saat ini sudah dilengkapi dengan sistem pendingin udara. Sistem Pendingin Udara Terpusat memastikan pendinginan di setiap sudut dan sudut ruang kerja.

Meskipun ini semua terdengar keren dory, sebenarnya tidak. Pendingin udara yang ekstensif identik dengan konsumsi daya yang besar (dan pemborosan) yang menyebabkan tidak hanya tagihan listrik yang besar tetapi juga pemadaman listrik yang sering ditakuti. Langkah selanjutnya adalah – tentu saja – DG menetapkan, untuk menghadirkan kenyamanan yang diinginkan di dalam ruangan, sembari mengeluarkan awan asap hitam dengan tingkat polusi suara yang sangat tinggi agar dunia luar dan lingkungan dapat bertahan.

Di tengah penyelamatan diri dari amukan alam, kita secara tidak sengaja semakin banyak menyerang alam, yang sesekali terus kembali semakin ganas. Salah satu poin perhatian terbesar adalah bahaya yang akan datang karena kenaikan suhu dunia (Pemanasan global !!). Jadi, apa yang harus kita lakukan untuk bertahan dan bertahan hidup dengan nyaman?

Jangan lupa kita memiliki sumber energi yang sangat besar di Matahari yang kita lindungi dari diri kita sendiri. Salah satu jawabannya adalah Pembangkitan tenaga dengan menggunakan energi matahari. Ini gratis dan untuk saat ini kami dapat berasumsi dengan aman, tidak terbatas. Ya, energi matahari bisa menerangi rumah kita dan memasak makanan kita. Tapi bisakah itu juga mendinginkan rumah kita? Jawabannya lagi adalah ya. Pendingin udara surya, sebuah teknologi revolusioner dan yang akan datang, memberikan jawabannya.

Pendingin udara surya mengacu pada sistem pendingin udara (pendingin) apa pun yang menggunakan tenaga surya. Cairan atau zat gas terakumulasi di permukaan zat padat berpori (adsorpsi) atau diambil oleh cairan atau zat padat (penyerapan untuk menyediakan pendinginan yang diperlukan). Dalam beberapa proses pasokan udara dikondisikan secara langsung, yaitu diperlakukan dalam hal suhu dan kelembaban

Proses pendinginan dan AC yang digerakkan secara termal ini merupakan inti dari setiap sistem pendingin surya. Prinsip utama Sorption Assisted Air Conditioning ditunjukkan pada grafik di sini. Energi matahari digunakan untuk menghilangkan kelembapan sorben.

Ini adalah proses 9 tahap. Pada Tahap 1 hingga 2, dehumidifikasi sorptif udara luar terjadi dengan kenaikan suhu secara bersamaan melalui panas adsorpsi yang dibebaskan. Kemudian udara didinginkan di rotor reklamasi panas dalam arus berlawanan ke udara buang (tahap 2 sampai 3). Udara selanjutnya didinginkan (Tahap 3 sampai 4) melalui evaporasi-humidifikasi; Dengan demikian udara yang masuk ke gedung memiliki suhu yang lebih rendah dan uap air yang lebih sedikit daripada udara luar. Pada Tahap 4 sampai 5 Pemanasan udara berlangsung, dan jika perlu penambahan uap air. Kemudian selama Tahap ke 6 suhu udara buangan gedung diturunkan melalui pendinginan evaporatif di pelembab udara. Udara buangan ini dipanaskan (Tahap 6 sampai 7) berlawanan dengan arus masuk udara di rotor reklamasi panas. Udara buangan selanjutnya dipanaskan (Tahap 7 hingga 8) melalui sumber panas eksternal (yaitu sistem panas matahari). Akhirnya di Tahap 8 sampai 9 Rotor Penyerapan diregenerasi melalui desorpsi air terikat.

Sistem Pendingin Udara siklus terbuka dan tertutup:

Sistem siklus terbuka lebih menguntungkan pada bangunan dengan beban kelembaban tinggi dan nilai tukar udara yang tinggi. Pemasangan saluran untuk pasokan udara dan udara balik, serta unit pemulihan panas diperlukan. Dalam hal ini, udara luar didehidifikasi melalui penyerapan dan kemudian dibawa ke suhu yang diinginkan dengan pemulihan panas serta pendinginan evaporatif langsung dan tidak langsung. Biasanya dehumidifikasi dicapai dalam rotor yang mengandung bahan pengering silika gel atau litium klorida, tetapi semakin banyak pengering cair (bahan pengering: litium klorida) yang dicoba. Dalam sistem ini panas matahari diperlukan untuk regenerasi unit absorpsi / adsorpsi.

Sistem pendingin evaporatif pengering siklus tertutup didasarkan pada proses Adsorpsi (berdasarkan pengering padat seperti silika gel atau Zeolit ​​dengan air sebagai refrigeran) atau Absorpsi (di mana pengering adalah pasangan material bekas cair lithium bromida sebagai pengering dan air sebagai refrigeran, atau air sebagai pengering dan amonia sebagai refrigeran, di mana suhu di bawah nol mungkin diperlukan).

Untuk pendinginan dan aklimatisasi bangunan, hanya proses yang digerakkan oleh panas matahari yang digunakan.

Dalam praktik aktual, kolektor surya digunakan untuk mengubah radiasi matahari menjadi panas yang kemudian dimasukkan ke dalam proses pendinginan yang digerakkan secara termal atau ke proses AC langsung. Khususnya pada aplikasi khusus, untuk ujian

 

sumber : service ac pekanbaru