Riwayat Pulau Pramuka dan Daya tarik Yang Ada Di Dalamnya

Pulau Pramuka pernah menjadi satu diantara daya tarik rekreasi yang sangat menarik di Kepulauan Seribu. Di mana saat sebelum rekreasi warga mulai mebanjiri pulau ini, pelancong tiba ke pulau ini untuk nikmati aktivitas Water Sport seperti Memancing dan Diving, Selainnya dikenali beberapa pengunjung akan daya tarik yang dipunyainya, riwayat Pulau Pramuka telah banyak dikenali oleh pelancong yang bertandang ke arah tempat ini. Pulau yang mempunyai keelokan yang mengagumkan ini juga mengundang perhatian pelancong yang dari luar negeri.

Pulau ini sebagai pusat administrasi dan pemerintah Kepulauan Seribu. Untuk ke arah rekreasi Pulau Pramuka, beberapa pengunjung memakai kapal yang pergi dari dermaga Muara Angke. Pulau Pramuka ini dijadikan tujuan rekreasi, sarana dan fasilitas di Pulau Pramuka sudah banyak dibuat serta lebih komplet jika dibanding dengan beberapa pulau yang lain terletak ada di rangkaian kepulauan Seribu.

Riwayat Pulau Pramuka dan Perubahannya

Dulunya Pulau Pramuka ini sering dipanggil bernama Pulau Elang oleh warga di tempat. Nama itu sebagai nama Pulau Pramuka saat zaman orde lama. Riwayat Pulau Pramuka yang dinamakan pulau Elang ini yakni kabarnya menurut beberapa tetua pulau karena di pulau ini dahulunya ada banyak burung elang bondol sampai tahun 1980-an. Banyak warga sekitaran yang yakini bila burung elang bondol itu seterusnya dijadikan simbol dari Wilayah Khusus Ibu-kota Jakarta sampai sekarang ini. Tetapi elang-elang itu kehadirannya semakin berkurang bersamaan dengan pembersihan pulau untuk dijadikan perkampungan.

Ada pula yang menjelaskan bila nama Pramuka sendiri dahulu diambil dari aktivitas kepramukaan yang dahulu ada di pulau ini. Dulunya lebih kurang sekitaran di tahun 1950 sampai tahun1970-an sebelumnya ada Bumi Perkemahan di Jakarta, faksi kepramukaan ucapnya sudah mengirimi beberapa anggotanya untuk lakukan training kepramukaan di pulau ini. Oleh karena itu pulau ini dikenali dlanjutnya engan nama Pulau Pramuka.

baca juga : Rekreasi Pulau Macan, Tujuan Favorite Masyarakat Jakarta

Mayoritas warga yang berada di Pulau Pramuka ini datang dari Etnis Betawi, Etnis Banten, Etnis Bugis, dan Etnis Madura. Seterusnya beberapa besarnya beragama Islam dan sejumlah kecil yang lain beragama katolik. Mata penelusuran warga yang ada di Pulau Pramuka sekarang ini sudah berbeda dan bermacam-macam.

Dari riwayat Pulau Pramuka ini dapat dijumpai jika dahulu warga pulau ini lebih banyak sebagai nelayan. Namun bersamaan dengan perubahan jaman, fasilitas dan prasarana yang berada di pulau, dan perubahan peranan pulau ini telah makin komplet. Yang mana beberapa jadi tempat untuk maksud rekreasi, ynag selanjutnya membuat mata penelusuran warga pulau jadi banyak.

Lokasi Pulau Pramuka

Daerah administrasi Pulau Pramuka ada di kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Propinsi DKI Jakarta. Pulau yang tidak demikian luas ini ditempati oleh warga nya ialah yang mayoritasmuslim. Pulau ini sebagai pulau yang padat dengan komunitas warganya yang capai 1.004 jiwa. pantai pulau bidadari 

Daya Ambil Pulau Pramuka

Riwayat Pulau Pramuka di rekreasi pulau mempunyai daya magnet tertentu yakni pantai yang paling cantik yang diperlengkapi dengan pasir pantai yang menghampar sepanjang pesisir pantai. Pantai di teritori rekreasi Pulau Pramuka mempunyai ombak yang tenang. Keelokan pantai Pulau Pramuka tidak cuman di bagian pantainya saja, tetapi ada juga di taman bawah lautnya juga. Anda dapat menyelam untuk nikmati keelokannya. Dengan demikian anda dapat menyaksikan terumbu karang dan ikan kecil berwarna-warni yang membuat panorama taman bawah laut Pulau Pramuka makin memesona.