Rindu Permainan Tradisional? Berikut Beberapa Jenis Permainan Tradisional Yang Dapat Kamu Mainkan

Ketika bertandang ke kampung halaman, apa yang paling kamu rindukan setelah masakan ibu? Pulang kampung merupakan kegiatan rutin yang dilakukan masyarakat Indonesia sebagai bentuk perayaan acara keagamaan besar seperti Lebaran, Natal ataupun pada saat liburan panjang lainnya. Kegiatan ini dilakukan selain untuk menyempatkan diri mengunjungi keluarga juga digunakan untuk rileks sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Kegiatan pulang kampung sendiri tak lengkap jika tidak bertemu dengan teman lama dan menelusuri jalanan yang sering dilalui saat masih kecil dahulu. Dimana kegiatan ini akan mengingatkan momen – momen kenangan yang terlewatkan begitu saja. Kegiatan pulang kampung sendiri selalu dihiasi dengan beragam adat istiadat bahkan permainan tradisional yang masih dipertahankan di tengah era modern ini.

Jenis jenis permainan tradisional yang kerap dimainkan oleh anak – anak adalah permainan sederhana seperti lompat tali, mengejar ban bekas, benteng – bentengan dan masih banyak lainnya. Tidak hanya jenis jenis permainan tradisional saja yang masih dipertahankan masyarakat pedesaan namun juga beragam adat istiadat dan tradisi yang ada dalam daerah tersebut.

Apa saja sih jenis jenis permainan tradisional yang sering kamu mainkan ketika masih anak – anak? Jenis jenis permainan tradisional apa yang menjadi favorit kamu? Untuk mengingatnya kembali, berikut kami bawakan beberapa jenis jenis permainan tradisional yang sering dimainkan di masa muda :

  1. Layang – layang

Kegiatan bermain layangan menjadi kegiatan bermain tiap sore di kampung. Layangan dibuat dengan mudah menggunakan kertas bening transparan yang diikatkan dengan bamboo. Pemainnya nantinya akan menerbangkan layangan ke udara menggunakan benang. Permainan semakin seru dengan saring memutuskan layangan di udara dan mengejar layangan yang putus.

  1. Gundu

Permainan ini menggunakan alat bernama kelereng. Dimana permainan ini dilakukan dengan merobohkan kelereng lawan dengan menggunakan kelereng sendiri. Kelereng lawan yang terkena kelereng kita akan menjadi hak milik. Permainan ini menyenangkan sekali dilakukan.

  1. Gobak sodor

Permainan ini bisa disebut sebagai halang rintang. Dimana permainan menggunakan garis kotak yang Digambar di tanah. Permainan ini dilakukan berkelompok. Salah satu kelompok menjaga dan kelompok lainnya melewati penjagaan. Dimana kelompok yang berjaga akan diletakkan sesuai dengan garis yang dibentuk dan lawan harus melewati tiap stage garis tersebut hingga ujung.

  1. Gasing tradisional

Gasing tradisional menggunakan kayu. Dimana gasing kayu ini berbentuk mirip kendi namun ujung dengan ujung bentuknya sama. Permainan ini menggunakan bantuan tali dalam membuat gasing berputar. Biasanya gasing akan diadu antar gasing untuk menentukan siapa yang terkuat. Dengan metode ini, permainan menjadi seru dimainkan utamanya pada kaum lelaki.

  1. Sepak bola

Permainan ini menjadi rutinitas sore. Pemuda dan anak – anak desa akan berkumpul di lapangan dan bermain sepak bola sesuai dengan aturan yang ada. Permainan ini biasanya menggunakan bola dari rotan maupun plastic untuk kegiatan permainan yang dilakukan berkelompok ini.