Menu Sarapan Sehat Untuk Anak, Agar Bisa Beraktivitas Maksimal

Mempersiapkan sarapan untuk buah hati sebaiknya dijadikan jadwal yang wajib, lengkap dengan menu sarapan sehat untuk anak yang akan menunjang aktivitasnya nanti. Dalam sarapan yang tepat, akan mengandung maksimal 25 persen dari total 100 persen energi yang dibutuhkan anak saat beraktivitas.

Secara garis besar kandungan menu sarapan anak, sebaiknya dilengkapi 300 gram karbohidrat, 50 gram lemak, 65 gram protein, dan 25 gram serat dan pastinya asupan tambahan seperti susu Milo yang mengandung mineral penting dan berbagai vitamin yang dibutuhkan anak. Lantas apa saja menu yang disarankan untuk sarapan buah hati tercinta?

5 Menu Sarapan Sehat Untuk Anak

Sebenarnya menu apapun asalkan sehat bisa diberikan kepada anak, masalahnya adalah terkadang anak pilih-pilih sarapan sebab biasanya di pagi hari keinginan untuk makan belum semaksimal saat makan siang atau makan malam. Jadi, perlu menu yang bergizi dan tentunya disukai oleh anak

  • Nasi Tim

Untuk anak yang suka makan nasi, Anda bisa menyediakan nasi tim yang sudah dipadukan dengan bahan lainnya. Seperti daging sapi cincang dan sayur brokoli, sehingga dalam satu menu sudah memenuhi kebutuhan gizinya di pagi hari. Sebagai penyempurna, bisa menambahkan segelas susu kesukaannya misalnya Milo untuk anak.

  • Sereal

Ini merupakan makanan praktis yang juga sangat disukai banyak anak di Indonesia. Anda bisa pilih sereal dari jagung atau gandum. Untuk menyajikannya bisa disiram susu favorit si kecil dan tambahkan beberapa irisan buah yang kaya gizi seperti mangga, pisang, atau stroberi.

  • Telur

Buat anak yang suka telur, Anda bisa menjadikan telur sebagai salah satu bahan utama sarapan mereka. Telur mengandung protein yang tinggi sehingga cocok dijadikan sarapan, baik berupa telur rebus yang diberi irisan roti. Bisa juga telur dadar yang dimasukkan ke dalam roti bakar dengan irisan selada, timun, atau tomat.

Untuk menu yang satu ini segelas susu Milo bisa ditambahkan, apalagi untuk anak yang memang suka minum susu coklat.

  • Pancake

Menu yang satu ini terbuat dari tepung yang diberi campuran telur dan bahan lainnya. Perpaduan komposisi yang pas dari makanan ini, juga sudah mampu memberikan asupan gizi penting bagi anak di pagi hari.

Untuk semakin melengkapi nilai gizinya, Anda bisa menambah irisan buah segar supaya anak lebih semangat saat mengkonsumsinya.

  • Roti

Roti gandum dengan selai kacang, memang terlihat sederhana tapi kandungan gizinya cukup lengkap untuk pertumbuhan anak. Anda bisa memberinya tambahan segelas susu, yang akan melengkapi nutrisi makanannya.

Sekarang Anda tak perlu khawatir lagi untuk mencari menu sarapan sehat untuk anak. Daftar di atas bisa dijadikan referensi, tinggal Anda buat berselang seling supaya si kecil tidak bosan dengan menu sarapan hariannya. Selain itu, anak juga akan tumbuh lebih sehat dan semua kebutuhan gizinya terpenuhi dengan baik.