Mengenal Jenis Jenis Software Akuntansi untuk Berbagai Kebutuhan Bisnis

 Dewasa ini, tidak hanya perusahaan besar saja yang telah menggunakan software akuntansi. Namun banyak pula UMKM yang menerapkannya setelah mengetahui bagaimana perangkat lunak tersebut mampu membuat bisnis menjadi lebih efisien. Akan tetapi, penting bagi anda untuk memilih jenis software yang tepat sesuai kebutuhan. Secara umum, jenis accounting software yaitu sebagai berikut.

Jenis Aplikasi Akuntansi Berdasarkan Ukuran Bisnis

1. Aplikasi Akuntansi Bisnis Kecil Menengah

Di era digital, setiap bisnis umumnya telah bersinggungan dengan berbagai software dalam menjalankan usahanya. Sehingga bisnis kecil menengah pun sudah banyak menggunakan aplikasi akuntansi. Dan beberapa vendor accounting software menawarkan kustomisasi agar dapat digunakan pada bisnis yang lebih spesifik sesuai kebutuhan klien.

Untuk bisnis kecil sampai menengah, perangkat lunak ini umumnya berupa program sederhana dan mudah digunakan. Biasanya software menyertakan grafik yang merangkum data, laporan yang memberikan informasi mengenai kesehatan bisnis, dan formulir terkait urusan perpajakan. Yang mana untuk mengakses semua fungsi tersebut dilakukan menggunakan internet.

2. Aplikasi Akuntansi Enterprise

Berikutnya ada software akuntansi enterprise yang menjadi solusi bagi perusahaan dengan kegiatan yang sangat kompleks. Aplikasi akuntansi untuk enterprise seperti ini sering pula disebut dengan nama software ERP, karena mengintegrasikan akuntansi dengan modul lain. Seperti project planning, manajemen persediaan, manajemen produksi, dan lain sebagainya.

Aplikasi akuntansi enterprise mempunyai dasar database yang terintegrasi dan mampu menunjukkan hubungan antara kumpulan informasi yang bervariasi. Layaknya volume penjualan antara pelanggan dan wilayah, jumlah persediaan barang di tiap gudang, volume produksi, dan lain lain.

Jenis Aplikasi Akuntansi Berdasarkan Lokasi Data

1. Aplikasi Akuntansi On Premise

Accounting software jenis ini dijual secara on premise alias diinstal pada server milik perusahaan. Karena itu, perangkat lunak tersebut mempunyai kelebihan dalam menjaga data supaya lebih aman dari pihak pihak tidak berkepentingan. Dalam hal ini, perusahaan pun mempunyai tanggung jawab penuh atas proses serta maintain software.

Dimana deployment dilakukan in house dengan menggunakan infrastruktur milik perusahaan, dan perusahaan pun mempunyai kontrol penuh atas sistem tersebut. Berbagai kelebihannya tersebut membuat banyak perusahaan besar memilih untuk menggunakan jenis aplikasi akuntansi ini.

2. Aplikasi Akuntansi Cloud

Selain aplikasi akuntansi on premise, ada pula software akuntansi berbasis cloud. Sistem penyimpanan menggunakan komputasi awan ini bisa dibilang sebagai solusi untuk perusahaan berskala kecil. Sebab cloud mampu menyediakan berbagai fungsionalitas dengan biaya yang tidak terlalu besar.

Ketika memilih jenis aplikasi akuntansi cloud, ini dapat menjadi bentuk investasi awal. Dimana harga yang ditawarkan umumnya sudah termasuk training user, update program, dan customer support. Menariknya lagi, penyimpanan cloud memungkinkan anda mendapatkan data akuntansi yang dibutuhkan kapan saja dan di mana saja.

Itu dia jenis jenis accounting software yang disediakan dan umum digunakan oleh berbagai perusahaan. Mana yang lebih baik ? Tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing masing bisnis. Untuk itu, anda dapat menghubungi penyedia jasa seperti Soltius Indonesia secara langsung, guna berkonsultasi terlebih dahulu software seperti apa yang paling cocok bagi bisnis anda.