Mengenal Jenis Engsel Pintu

Sebelum membahas, kami juga menyediakan jasa pintu folding gate yang berfungsi mengamankan isi bangunan dari hal hal yang tidak diinginkan, dengan pekerjaan berkualitas tinggi dan harga murah.

Salah satu hal yang tidak dapat Anda lakukan setiap hari adalah membuka dan menutup pintu. Meski kecil, engsel adalah salah satu hal terpenting untuk menjaga pintu dan jendela tetap berjalan dengan baik. Engsel biasanya terbuat dari besi yang dicampur dengan plastik kuningan dengan berbagai bentuk engsel.

Karena memiliki bahan dan bentuk yang beragam maka memiliki fungsi yang beragam dan mudah disesuaikan dengan penggunaan pintu dan jendela.

Engsel Kupu-kupu

Dinamai karena engselnya cenderung tipis dan berbentuk seperti kupu-kupu. Engsel kupu-kupu biasanya terbuat dari besi atau kuningan dan digunakan untuk menopang berat lemari pakaian berukuran sedang yang terbuat dari bahan yang ringan. Engsel kupu-kupu sangat ringan dan tidak terlalu besar. Biasanya engsel ini digunakan pada pintu lemari atau sejenisnya.

Engsel Panel

Bentuknya mirip dengan engsel kupu-kupu, hanya saja engsel panelnya lebih tebal. Engsel panel digunakan untuk menopang pintu dan jendela tugas berat karena terbuat dari kayu. Selain lebih kuat dari engsel kupu-kupu, engsel panel juga tidak bisa rusak karena lebih kuat.

Engsel Sendok

Engsel seperti sendok ini biasanya digunakan agar pintu bisa menutup sendiri atau menutup perlahan ke lemari. Engsel ini memiliki dua model yaitu engsel bengkok yang digunakan di bagian dalam pintu, yang kedua adalah engsel lurus yang digunakan di bagian luar pintu. Keuntungan engsel ini adalah mudah dan cepat dipasang.

Engsel Koboi

Fungsi engsel koboi adalah untuk menjaga agar pintu ayun tetap menjadi dua. Biasanya, engsel koboi bisa ditemukan di banyak restoran dan kafe, sehingga memudahkan pejalan kaki dan pelayan. Engsel ini memberi tekanan pada bagian dalam pintu sehingga pintu bisa berayun tanpa harus mengencang.

Engsel Piano

Seperti namanya, engsel piano sangat familiar, karena biasanya digunakan sebagai cover piano. Engsel piano memiliki dua pilihan bahan yaitu yang terbuat dari kuningan dan baja. Jika Anda membutuhkan engsel yang panjang untuk lemari dan dada Anda, engsel piano adalah jawabannya.

Selain itu, engsel ini juga merambatkan bobot seluruh pintu, sehingga membuat pintu lebih awet karena bukan satu-satunya sisi yang mampu menahan beban.