Mengenal Asal Usul Nasi Uduk dan Tips Membuat Nasi Uduk di Magic Com Anti Gagal

Resep Nasi Uduk Rice Cooker yang Gurih dan Harum

Mengenal nasi uduk yang sudah populer dari jaman dahulu di tanah Jawa kala Kerajaan Sultan Mataram. Saat itu sang Raja sangat gemar dan senang dengan nasi arab atau yang biasa disebut nasi kebuli. Dari bahasa Arab berarti tawadhu yang berarti randah hati dihadapan tuhan. Kemudian Raja Sultan Agung   memutuskan membuat hidangan nasi kebuli dengan versi tanah Jawa dengan menggunakan rempah rempah yang ada di Indonesia. Ia membuat ini anatara lain untuk mengurangi pengeluaran Negara untuk biaya membeli bahan-bahan import untuk membuat nasi khas Arab yang sangat tinggi. Selain itu juga utuk meningkatkan kebanggaan warga masyarakat Indonesia. Setelah itu tak lama kemudian nasi uduk menjadi bagian dari syarat dalam upacara terimakasih adat Jawa, yang biasa disebut juga dengan acara bancaan ( bancakan kalau kata orang jawa barat ). Hidangan ini juga suka disajikan di acara slametan. Nasi uduk dapat ditemui dalam acara sega berkat. Paket hidangan nasi uduk ini biasanya berisi nasi uduk dengan sayuran-sayuran dan lauk pauk yang cocok untuk menjadi teman nasi uduk. Bisa juga disajikan sebagai tumpeng untuk di bagikan setelah acara adat selesai, Hidangan makanan nasi uduk ini juga sudah menjadi menu keharusan yang biasa ada di upacara-upacara adat.

Nasi uduk diperkenalkan ke Batavia oleh para pendatang dari Jawa pada tahun 1628 dan menjadi hidangan yang terkenal di Batavia waktu itu hingga sekarang. Orang betawi yang menjual masakan ini akan menambahkan sentuhan betawi dengan menambahkan semur jengkol. Nasi uduk juga terkenal di kalangan diaspora Jawa di Suriame dan Belanda. Dan dalam bahasa belanda nasi uduk disebut juga jiberse jist.

Pengolahan nasi uduk dapat dilakukan di magic com. Cara membuat nasi uduk di magic com ini merupakan kabar berita yang menggembirakan untuk para ibu-ibu di rumah. Kabar gembira bagi yang tak mau memasak nasi uduk dengan cara lama yang pengerjaannya ribet, sekarang memasak nasi uduk bisa menggunakan magic com atau rice cooker. Tentunya cara memasak ini akan lebih mudah dimana hasilnya pun tidak kalah dengan cara memasak nasi uduk dengan tahap-tahap yang lama dengan cara lama atau cara tradisinal. Sebelum membuat nasi uduk dengan rice cooker, ada hal yang perlu diperhatikan agar membuat nasi uduk dari magic com ini sukses.

Memilih Bahan Utama Beras untuk Membuat Nasi Uduk

Cara membuat nasi uduk dengan cara memakai alat masak magic com di mulai dengan cara memilih beras yang akan di gunakan. Beras harus cocok untuk dibuat nasi uduk. Beras yang sesuai dengan untuk nasi uduk adalah beras yang tidak terlalu pulen. Proses memasak nasi uduk sangatlah panjang dan menggunakan santan untuk sandingan masakan ini, kalau nasi nya pulen tentunya hasil dari nasi uduknya akan terlihat lembek.

Setelah bahan-bahan yang sudah disediakan untuk diproses, maka saatnya memasak nasi uduk dengan memakai magic com. Pada dasarnya memasak nasi uduk prosesnya tidak jauh berbeda dengan memasak nasi biasa. Hanya kalau nasi uduk ditambahkan dengan campuran bahan-bahan rempah yang sudah kalian siapkan. Seperti lengkuas, daun salam, bawang putih, yang cukup di geprek di tambah garam dan sedikit gula setelah semua bahan dituangkan ke dalam wadah untuk memasak. Sajikan dengan lauk pauk yang sudah kalian siapkan yakni telor goreng yang sudah diiris, lalapan, sambal kacang, tidak lupa dengan semur jengkolnya untuk menambah nikmat di saat menyantap hidangan makanan khas nasi uduk.