Makanan Khas Banjarmasin, Wajib kalian coba!

5 Hidden Gems Soto Banjar di Banjarmasin, Gurihnya Bikin Goyang Lidah

Banjarmasin merupakan kota yang memiliki sebutan sebagai kota seribu sungai, memang menyimpan keunikan yang cukup banyak seperti keindahan alam, budaya dan kulinernya. Kota ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian yang sedang bingung untuk berlibur, sebab kota ini juga memiliki sejarah yang cukup menarik karena kota ini dulunya adalah Kerajaan Banjar. Selain itu kota ini juga memiliki kekayaan kuliner yang khas, maka dari itu kami akan memberikan informasi seputar makanan khas Banjarmasin yang wajib kalian coba, bagi kalian yang penasaran, simak ulasannya my app : website resep masakan Indonesia terlengkap sebagai berikut,

1. Soto Banjar

Jika kalian menganggap bahwa soto bukanlah makanan yang menarik lagi karena sering kalian coba, maka kalian salah besar karena di Indonesia sendiri rasa soto berbeda-beda di setiap daerahnya seperti soto Banjar ini. Soto khas Banjarmasin memang memiliki rasa yang berbeda dan tentunya nikmat.  Makanan ini dibuat dengan rempah dan ditambah dengan telur asin, ayam suwir, lontong, dan masih banyak lagi bahan lainnya. Bisa dibayangkan dari bahannya saja kita sudah tergugah untuk mencicipinya bukan? Maka dari itu jika kalian berkunjung ke kota Banjarmasin, kalian wajib nih mencicipi soto Banjar.

2. Nasi Itik Gambut

Makanan khas Banjarmasin selanjutnya adalah nasi itik gambut, yang wajib kalian cicipi ketika berkunjung kesini. Makanan ini dibuat dari olahan nasi dan itik yang dimasak dengan campuran beberapa bumbu khas dari nasi itik gambut. Makanan ini memiliki rasa pedas manis yang dihasilkan dari racikan bumbu kuliner khas Banjarmasin, kabarnya bumbu tersebut meresap hingga kedala daging itik sehingga rasanya menjadi nikmat. Makanan ini biasanya disajikan dengan menggunakan bungkusan daun pisang, hal itu membuat aroma dari nasi itik gambut menjadi khas.

3. Cacapan Asam

Dari namanya saja kalian sudah penasaran seperti apa bentuk dan rasa dari makanan ini bkan? Ya, cacapan asam adalah makanan khas Banjarmasin yang sangat populer karena rasanya yang sedap. Makanan ini memiliki bahan dasar dari berbagai buah-buahan yang dicincang, kemudian dicampur dengan bumbu seperti asam jawa, bawang merah, cabai rawit, dan garam. Dengan bahan dan bumbu yang bervariasi itulah menghasilkan rasa yang hanya ada pada cacapan asam khas Banjarmasin ini. rasa yang ditawarkan cuga bervariasai yaitu manis, asam, pedas, dan gurih. Untuk itu makanan ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian cicipi jika berkunjung ke kota Banjarmasin.

4. Lontong Orani

Beralih ke makanan khas Banjarmasin selanjutnya yaitu lontong orani, meski makanan ini memiliki rasa yang berbeda dibandingkan lontong pada umumnya, namun kalian pasti suka dengan rasa yang ditawarkan oleh makanan ini. Selain memiliki rasa yang berbeda, bentuk dari lontong orani juga unik, sehingga kalian hanya bisa menemukan makanan ini di Banjarmasin saja. Makanan ini memiliki cirri khas dari hidangan pendampingnya yang lebih cocok seperti irisan labu, buncis, ikan gabus, hingga telur yang dimas dengan menggunakan bumbu merah, serta kuah santan yang gurih. Maka dari itu jika kalian berkunjung ke kota Banjarmasin, kalian wajib mencicipi lontong orani bersama keluarga tercinta, dijamin kalian merasa puas deh.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan terkait dengan makanan khas Banjarmasin yang wajib kalian coba. Masih ada banyak lagi makanan khas Banjarmasin yang tidak dapat kami sebutkan, namun apakah kalian tertarik untuk mencicipi salah satunya?