Kelebihan dan Kekurangan dimiliki pipa PVC

Keberadan pipa di dalam sebuah bangunan memang sangatlah penting. Dimana pipa ini berfungsi sebagai instalasi air atau media untuk menjadi saluran air. Sejak adanya pipa plastik, pipa logam sudah jarang sekali di gunakan banyak sekali masyarakat yang beralih dari pipa logam ke pipa plastik hal tersebut dikarenakan banyaknya kelebihan yang di miliki pipa plstik dibandingkan dengan pipa logam. Seperti beberapa kelebihanya yaitu pipa PVC lebih ringan, kuat, tahan lama, Tidak Mudah Pecah, harga ekonomis, pemasangan yang praktis, tahan korosi dan tahan terhadap bahan kimia dan masih banyak lagi. Tak heran kan  jika pipa PVC ini menjadi andalan semua masyarakat dan banyak sekali di cari. Namun, tahukah kamu meskipun banyak sekali kelebihan yang di miliki oleh pipa PVC pasti akan ada kekurangannya, tidak ada yang perfec di dunia ini akan ada kekurangan dan kelebihan, maka dari itu selain kita mengetahui kelebihannya kita juga harus mengetahui kekurangan apa saja yang ada di salam pipa PVC ini dengan tujuan agar kita berhati-hati saat memakainya dan juga sebagai pengetahuan untuk mencegah akan adanya sesuatu yang dapat merugikan nantinya

Nah di dalam artikel ini saya akan mengajak anda semua untuk mempelajari apa saja kekurangan yang ada di dalam pipa PVC ini

  1. Sangat peka terhadap sinar matahari

Jika pipa PVC ini di letakan di bawah sinar matahari langsung, maka pipa PVC ini akan mengakibatkan rapuh bahkan sampai meleleh loh, hal ini dikarena Pipa PVC mempunyai sifat yang sangat peka terhadap sinar matahari. etsss tenang ga usah khawatir meskipun demikian ada trik yang efektif yang dapat di gunakan untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan melapisi pipa PVC ini dengan cat lateks khusus dan memilih harga pipa pvc yang sesuai kualitasnya. Cat ini yang nantinya akan melindungi pipa dari sengatan matahari secara langsung.

  1. Memiliki titik leleh yang rendah.

Pipa PVC ini memiliki titik leleh yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan pipa logam. Sehingga ini mengakibatkan pipa akan sangat lama untuk meleleh.

  1. Asap yang di kelarkannya berbahaya
    pada saat pross pembakaran maka pipa akan mengeluarkan asap. Nah asap yang dikeluarkan saat proses pembakaran ini sangat berbahaya jika dihirup, sangking bahayanya bahkan sampai memakan korban jiwa akibat dari menghirup asap dari pipa ini. Solusinya adalah tetap jaga jarak aman apabila ingin membakar pipa ini dan memakai alat pelindung diri (APD)
  2. Ukuran menentukan harga pipa

Harga pipa PVC  ini akan semakin mahal seiring dengan besarnya ukuran dari pipa tersebut, semakin besar ukuran pipa maka akan semakin mahal juga harga pipa tersebut. Maka solusi yang tepatnya dalam megatsi kendala ini adalah berbijaklah dalam menggunakannya jangan sampai salah dalam membeli ukurannya tujuannya untuk meminimalisir biaya yang di keluarkan.

Nah, itulah informasi tentang kekurangan dari Pipa PVC ini yang perlu untuk Anda ketahui,  Meski demikian, jangan khawatir yah kekurangan pipa ini tak terlalu mengganggu atau membahayakan. Karena tertutupi oleh banyaknya kelebihan yang dimiliki pipa PVC ini Yang paling terpenting adalah tetap memperhatikan prosedur keamanan dalam pemasangannya. Semoga apa saya sampaikan dapat berguna untuk anda semuayah. Ingat selalu pilihlah dengan  pipa dengan kualitas terbaik sesuai kebutuhan Anda.