Inilah 7 Cara Sangrai Biji Kopi yang Tepat

Sebagian orang tidak suka membeli kopi bubuk karena kurang percaya dengan citarasa yang dihasilkan. Tak jarang pecinta kopi memilih beli biji kopi mentah yang lebih orisinal. Nantinya proses roasting atau sangrai dilakukan sendiri di rumah demi menciptakan citarasa kopi yang tepat. Apalagi Anda yang suka dengan kopi hitam, wajib tahu cara sangrai biji kopi yang pas.

Cara sangrai kopi secara tradisional

Jika ingin mencoba menyangrai biji kopi secara tradisional, sebaiknya Anda mencoba beberapa cara berikut :

1.  Persiapkan peralatan

Banyak orang yang mengaku lebih suka aroma kopi hitam orisinal sehingga sangrai biji kopi tradisional masih dipertahankan. Sebaiknya Anda mempersiapkan peralatan untuk menyangrai lebih dahulu antara lain wajan dari tanah liat atau baja, pengaduk kayu, tungku, dan kayu bakar. Pengaduk dari bahan kayu bisa menghindari konduksi panas saat Anda mengaduk biji kopi, ya!

2.  Persiapkan biji kopi berkualitas

Jangan lupa untuk membersihkan biji kopi berkualitas dengan air bersih untuk menghilangkan kulit arinya dengan cara diayak lebih dulu.

3.  Mulai proses sangrai

Letakkan wajan penggorengan di atas tungku, lalu masukkan biji kopi yang sudah terlepas kulit ari pada wajan yang sudah mulai panas. Aduk terus menerus untuk menjaga biji kopi tidak gosong dan pastikan nyala api tetap stabil.

4.  Perhatikan perubahan warna pada biji kopi

Panas yang merata pada wajan sangat berpengaruh dalam menyangrai biji kopi. Anda bisa melihat perubahan warna pada biji kopi tersebut untuk menentukan citarasa kopi yang Anda inginkan. Warna kopi yang agak terang menandakan kopi belum matang dan Anda harus menunggu sampai kopi berwarna cokelat kelam. Jika perubahan warna hitam mulai terlihat, sebaiknya Anda menjaga nyala api pada tungku lebih kecil.

5.  Cek kondisi biji kopi agar tidak terlalu gosong

Tanda biji kopi sudah matang dengan baik adalah biji mudah dipecahkan, ya! Jika kopi yang Anda sangrai berwarna gosong sebab nyala api terlalu besar, maka citarasa kopi akan pahit gosong bukan disebabkan oleh kandungan kafein khas kopi nusantara.

6.  Pindahkan kopi yang sudah matang

Aroma khas dari asap kopi bisa menandakan bahwa Anda sudah menyangrai dengan baik. Pindahkan kopi yang sudah matang ke wadah yang lebih lebar atau tampah hingga kopi tidak panas lagi. Jangan membiarkan kopi menjadi dingin lebih lama sebab bisa merusak citarasa asli.

7.  Giling kopi dengan tekstur yang Anda inginkan

Menggiling kopi yang baru disangrai sangat direkomendasikan agar bisa menghasilkan citarasa yang terbaik. Kopi yang masih segar akan terasa lebih nikmat saat diseduh dengan air panas dan gula nanti. Untuk ukuran tekstur bubuk kopi baik halus atau agak kasar, sesuaikan dengan selera pribadi saja.

Yuk, coba nikmati kopi hitam dengan bubuk kopi buatan sendiri! Anda wajib mempraktikkan cara sangrai biji kopi di rumah saja. Jika tidak punya waktu dan peralatan melakukan sangrai tradisional, Anda bisa mencoba tips bermanfaat di atas.