Ingin Membuat Mie Kuning Sendiri? Berikut Cara Membuat Mie Kuning Dengan Mudah, Simak!

5 Resep Olahan Mie Kuning yang Enak dan Gampang Dibuat, Bikin Nagih!

Membahas seputar kuliner memang merupakan hal yang menarik sebab, kuliner sangat beragam jenisnya. Apalagi kita tinggal di negara Indonesia yang memiliki banyak jenis makanan di setiap daerahnya. Namun fokus kami kali ini adalah membahas seputar mie kuning, dimana olahan mie kuning juga beragam sebab, mie kuning adalah salah satu jenis makanan yang cocok dikombinasikan dengan makanan apa pun.

Ketika membeli mie kuning mungkin kita bisa membelinya dengan harga yang terjangkau, tetapi ketika kita memilih untuk membuatnya sendiri pasti akan berbeda sensasinya. Tak perlu khawatir sebab membuat mie kuning tidak terlalu rumit seperti makanan lainnya. Nah kali ini kami akan memberikan informasi seputar cara membuat mie kuning. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 2 cup tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh garam
  • 2-5 sendok makan air
  • ½ sendok teh kunyit bubuk
  • Maizena dan terigu

Cara membuat:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat mie kuning yaitu campur bahan-bahan yaitu tepung, telur, minyak, garam, kunyit bubuk. Setelah di campurkan semua bahan tuangkan air secara perlahan sembari diaduk hingga bahan-bahan merata. Jika adonan sudah basah maka selanjutnya uleni adonan hingga teksturnya lembut dan tidak terasa lengket di tangan.
  2. Selanjutnya kamu bisa membagi adonan menjadi beberapa bagian, setelah itu tutup sisa adonan dengan menggunakan lap bersih supaya adonan tidak mongering. Jika sudah, ambil satu bagian adonan dan taburi tepung terigu lalu piphkan dengan menggunakan penggiling tebal. Setelah dipipihkan, lipat adonan dan giling kembali.
  3. Langkah selanjutnya kami bisa menggiling adonan sampai sesuai dengan ketebalan yang kamu mau. Pada umumnya ketebalan adonan hingga no.5, dan jangan lupa sembari menggiling kamu bisa taburi tepung terigu supaya adonan tidak lengket dan hancur. Jika adonanmu terlalu panjang, maka kamu bisa memotongnya sesuai keinginan. Selanjutnya kamu bisa menaruh lembaran mie pada wadah seperti nampan, lalu taburi dengan maizena. Lakukan hal tersebut hingga adonan terakhir.
  4. Berikutnya kamu bisa potong mie dengan menggunakan mesin pemotong sembari taburi dengan maisena. Lakukan hal tersebut hingga adonan terakhir.
  5. Kamu bisa merebus air hingga mendidih dan beri sedikit minya. Setelah itu rebus adonan mie sampai adonan mengapung dan jangan lupa sambil diaduk. Sebab dengan mengaduknya maka adonan mie tidak akan menggumpal. Kamu bisa merebus adonan mie kuning dengan melewati beberapa tahap, lakukan itu jika diperlukan.
  6. Ketika mie sudah mengapung maka kamu bisa mengangkatnya lalu siram dengan air dingin. Tiriskan mie, kemudian beri minyak sayur dan aduk hingga merata. Setelah itu mie siap untuk disantap.

Nah itulah tips membuat mie kuning, bagaimana mudahkan? Kamu bisa menyantap mie kuning dengan mengolahnya menjadi makanan kesukaanmu seperti soto, bakso, tumis kangkung, dan masih banyak lagi. Usahakan untuk mengikuti step pembuatannya dengan benar agar mie kuning dapat jadi dengan sempurna sebab, banyak orang yang gagal karena tidak mengikuti step pembuatan dengan baik.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara membuat mie kuning. Semoga informasi di atas data bermanfaat dan menambah wawasan seputar kuliner. Sekamat mencoba membuat mie kuning!