Cincin Tunangan Berlian dan Tips Sederhana Membersihkannya

Cincin Tunangan Berlian memang terlihat cantik dan elegan. Cincin jenis ini sangat diminati banyak wanita sebagai koleksi perhiasannya. Cincin berlian yang berumur lama akan terlihat kotor karena penggunaannya yang langsung bersentuhan dengan kulit. Berikut adalah cara sederhana membersihkan cincin berlian yang bisa anda lakukan dirumah. 

4 Tips Membersihkan Cincin Berlian Dengan Cara Sederhana di Rumah

  1. Merendam Cincin Berlian

Cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk membersihkan cincin berlian adalah dengan cara merendamnya dengan air hangat. Air hangat tersebut terlebih dahulu bisa anda larutkan dengan detergen cair atau cairan cuci piring. Cairan detergen yang dipilih haruslah yang mempunyai konsentrasi paling ringan. 

  1. Menyikat Cincin Dengan Halus dan Perlahan

Setelah direndam beberapa saat, kemudian mulai sikatlah cincin berlian anda tersebut dengan menggunakan sikat yang lembut. Sikat perlahan pada bagian bawah hingga menyeluruh. Setelah dilakukan proses penyikatan, anda bisa merendam kembali cincin berlian tersebut kedalam cairan selama dua hingga tiga menit saja. 

  1. Membilas dan Mengeringkan

Setelah dirasa cukup lama merendam cincin, anda bisa mengangkatnya dan mulai membilasnya dengan air bersih. Membilas cincin bisa juga anda gunakan air hangat ataupun air bersih dingin biasa saja. Setelah terbilas bersih, anda bisa mengeringkannya dengan tissue atau handuk yang lembut hingga tidak ada air yang tersisa. 

  1. Menggunakan Larutan Amonia

Cincin berlian juga bisa dibesihkan dengan larutan amonia dan air. Cara ini dipercaya cukup efektif dan praktis dalam membersihkan berlian. Namun hal yang harus diperhatikan adalah tidak boleh terlalu banyak menggunakan cairan amonia. Bila terlalu banyak akan berpotensi menghilangkan lapisan berkilau pada batu berlian tersebut. 

Pentingnya Membersihkan Cincin Berlian Dengan Hati Hati 

Cincin yang mempunyai mata berlian memang cantik. Berlian juga merupakan jenis batuan yang kuat dan tahan lama bila digunakan. Walaupun batu berlian cukup kuat, namun bukan berarti proses pembersihannya bisa sembarangan. Bila batu berlian dibersihkan dengan cara yang tidak benar dan terburu buru maka ditakutkan akan berpengaruh pada kilaunya. 

Batu berlian juga akan rusak kemilaunya bila digosok terlalu keras. Sehingga untuk membersihkan cincin tunangan berlian perlu menggunakan sikat yang berbulu halus. Untuk cairan perendam cincin juga hendaknya dipilih yang memiliki konsentrasi yang ringan. Oleh karena itu cairan pencuci piring adalah salah satu cairan yang cocok digunakan. 

Cincin berlian dan perhiasan berlian lainnya yang cantik dan elegan tentu adalah pilihan yang pas digunakan dalam berbagai acara. Tak hanya acara formal saja, tetapi cincin berlian juga cocok bila anda gunakan dalam kegiatan sehari hari. Banyak model dan bentuk batu berlian pada cincin yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan.