Cara Mencegah dan Membasmi Rayap

Apakah Anda memiliki masalah dengan rayap di rumah Anda? Agar rumah kita selalu nyaman dan sehat, secara alamiah kita harus menjaga dan membersihkannya secara rutin. Perawatan rumahan dapat bervariasi tergantung pada bahan-bahannya. Rumah dengan banyak elemen kayu di luar atau di dalam tentunya membutuhkan perawatan yang lebih. Di negara tropis seperti Indonesia, kayu memiliki musuh nomor satu: rayap.

Jika tidak memperhatikan perawatannya, masalah rayap pasti akan membuat Anda pusing. Namun jangan khawatir, berikut beberapa tips cara efektif mencegah dan membasmi rayap. Dari perawatan rutin hingga pembersihan rayap hingga selesai dan tidak pernah mundur! Rumah Anda dijamin lebih terawat dan terlindung dari rayap.

1. Lindungi rumah kayu dari rayap

Jika rumah Anda terbuat dari banyak kayu, bahan bangunan ini sangat rentan terhadap rayap. Caranya, Anda bisa menyemprot atau mengolesi bagian yang sering dimakan rayap dengan minyak tanah. Kemudian rayap perlahan mati dan bagian ini menghilang dari serangan rayap.

Cara lainnya, Anda bisa menyemprotkan obat anti rayap secara rutin ke seluruh penjuru rumah. Anda bisa menyemprot pada kusen, lantai kayu, rangka atap, plafon di dinding. Pastikan Anda tidak melewatkan setiap sudut atau lubang.

2. Rayap lebih suka berada di tempat yang lembab

Tempat sarang rayap yang paling populer adalah area yang gelap dan lembab. Untuk mencegah furnitur agar tidak keropos dan dimakan rayap, Anda dapat memaparkan furnitur Anda ke sinar matahari, karena rayap tidak menyukai tempat yang panas.

Keringkan furnitur secara rutin agar rayap cepat hilang dari tempatnya. Selain itu, untuk menghindari rumah yang lembap, Anda perlu memiliki lebih banyak jendela dan ventilasi di rumah Anda agar sinar matahari dan udara segar dapat bersirkulasi dengan baik.

3. Mengatur buku dan makalah

Jika Anda membaca di rumah dan ingin memiliki koleksi buku yang banyak, pastikan untuk membersihkannya secara rutin. Rayap dan serangga menyukai kertas karena terbuat dari butiran kayu. Jadi sebaiknya Anda merapikan dan membersihkan rak, buku, dan wallpaper jika ingin menghindari sarang rayap.

Oh ya, setiap kali Anda merenovasi atau membangun rumah, sebaiknya konsultasikan dengan arsitek atau desainer interior untuk mendapatkan saran terbaik dalam memilih bahan yang tepat untuk mencegah masuknya rayap dan serangga.

Lagi butuh jasa anti rayap batam? Anda bisa gunakan layanan dari Fumida yang sudah trusted di berbagai kota besar Indonesia.