Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Lengkap Beserta Contohnya

10 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar agar Lolos

Surat lamaran kerja merupakan dokumen penting yang perlu disiapkan oleh seseorang yang sedang mencari atau membutuhkan pekerjaan yang ditujukan kepada pimpinan perusahaan maupun institusi tempat kerja yang dituju. Tentunya perusahaan maupun institusi tersebut sedang membuka lowongan kerja.

Di dalam surat lamaran kerja ini terdapat beberapa informasi penting sebagai bahan pertimbangan perekrut atau HRD dalam melanjutkan ke tahap seleksi selanjutnya. Karena itu, kamu harus membuat surat lamaran kerja dengan baik dan benar. Jangan pernah anggap remeh pembuatan surat lamaran kerja!

Kamu harus membuat isi surat lamaran kerja dengan jelas, menggunakan bahasa baku, sopan, rinci, dan juga tidak berlebihan. Hal ini penting karena akan menunjukkan bagaimana keterampilan dan pengalaman yang sesuai dengan persyaratan serta deskripsi pekerjaan.

Dengan melampirkan surat lamaran kerja, kamu berkesempatan untuk menunjukkan pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan sehingga membuat perusahaan tertarik merekrutmu. Nah, untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, kamu harus mencantumkan unsur – unsur berikut ini dalam surat lamaran kerja yang dibuat :

  1. Cantumkan alamat pengirim yang memuat info nama, alamat, nomor telepon, dan email. Cantumkan alamat pengirim ini di sebelah kanan atas.
  2. Cantumkan tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran kerja yang ditulis sesuai dengan waktu pembuatannya. Contohnya : Bandung, 6 April 2022.
  3. Cantumkan juga nama orang di perusahaan yang dituju beserta jabatan dan alamat lengkap perusahaan. Jika tidak ada nama orang yang dituju di perusahaan, cukup cantumkan “HRD PT…”.
  4. Cantumkan salam pembuka menggunakan frasa “Dengan Hormat” diawal kalimat.
  5. Kemudian cantumkan paragraf pembuka. Pada bagian ini jelaskan darimana kamu mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan jabatan yang dibutuhkan.
  6. Setelah itu buat paragraf kedua dengan menguraikan tentang visi, misi, serta hal – hal yang mendukung agar perusahaan tertarik. Jelaskan juga hubungan keterampilan dan kemampuan dengan deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan.
  7. Selanjutnya buat paragraf penutup dengan mencantumkan ucapan terima kasih dan menyampaikan harapan agar perusahaan bisa mempertimbangkan surat lamaran pekerjaan yang dibuat.
  8. Buat salam penutup dengan menggunakan salam yang sopan. Misalnya, Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
  9. Terakhir cantumkan tanda tangan dan nama terang.

Berikut contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar sebagai referensi.

Kepada Yth.

Bandung,  6 April 2022

HRD PT. Gramedia Asri Media

Jl. Cempaka Tengah No. 13

Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap : Citra Lestari, SE

Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 12 Desember 1992

Jenis Kelamin : Perempuan

Pendidikan Terakhir : Universitas Islam Bandung (S1)

Bersama surat lamaran kerja ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan Bapak/Ibu sebagai Tim Digital Marketing sebagai SEM Specialist di PT Gramedia Asri Media.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen pelengkap sebagai berikut :

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Fotokopi Ijazah.
  3. Fotokopi Transkrip Nilai Terakhir.
  4. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja.
  5. Fotokopi Surat Keterangn Catatan Kepolisian (SKCK).
  6. Pas foto 3×4 terbaru.
  7. Sertifikat pendukung.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya sampaikan. Besar harapan saya untuk diterima di perusahaan Bapak/Ibu.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

(Citra Lestari, SE)