Cara Kerjasama dengan Penerbit Buku

Saat ini bermunculan penulis berbakat yang memiliki karya-karya bagus dan berkualitas. Selain itu, ada pula publisher dengan beragam jenisnya. Terdapat cara kerjasama dengan penerbit buku sehingga proses penerbitan dan promosi karya menjadi saling memberikan keuntungan.

Bagaimana Cara Kerjasama dengan Penerbit Buku?

Pada masa digital sekarang, melakukan usaha cetak buku sedikit sulit. Terlebih minat baca masyarakat Indonesia tidak terlalu tinggi. Anda bisa melakukan kerjasama dengan pihak penerbit baik berskala besarĀ  (mayor) dan kecil (minor). Berikut sejumlah langkah-langkahnya.

  1. Beli dan Jual Naskah

Hubungan antara penulis dan penerbit merupakan bentuk kerjasama saling menguntungkan dalam hal bisnis. Kedua belah pihak mempunyai hak serta kewajiban masing-masing. Pada pola pertama bentuk saling bekerja ini adalah membeli dan menjual naskah.

Dalam hal ini, penulis menawarkan naskahnya kepada penerbit. Kemudian mereka akan memberikan penghargaan dalam nominal tertentu. Melalui cara tersebut, maka penulis akan memperoleh keuntungan sejak awal serta proses pembayaran terjadi sesuai kesepakatan.

  1. Royalti

Cara kerjasama dengan penerbit buku berikutnya adalah berbentuk royalty. Ini merupakan bentuk penghargaan dengan memberikan presentase dari harga penjualan karya per eskemplar. Biasanya jumlahnya sebesar 7 % – 10 %.

Jumlah kisaran besarnya presentase royalti tergantung dengan jenis naskah, komponen-komponen dalam isinya dan lainnya, seperti ketentuan dari pihak publisher. Selain itu, proses pembayarannya juga memiliki syarat pada periode atau waktu tertentu.

  1. Hak Cipta

Dalam proses kerjasama dengan penerbit buku,penulis juga memperoleh hak cipta atas naskahnya. Dengan adanya jenis ini, maka seluruh isi dari karya tersebut merupakan tanggung jawab dari sang penulis itu sendiri.

Ketentuan cara kerja sama ini memiliki kaitan dengan isi naskah, seperti judul, desain, gambar, ilustrasi, cover, tata letak, dan lain sebagainya. Dalam menjalankan sebuah hak cipta, mendapatkan perlindungan dari Undang-Undang Hak Cipta. Jadi, jika ada pelanggaran bisa diproses secara hukum.

Itu dia ulasan mengenai cara kerjasama dengan penerbit buku dengan pola atau ketentuan tertentu. Pahami dan jalankan sesuai prosedur yang berlaku, kemudian terbitkan karya terbaik Anda.