Cara Bayar PBB Online Untuk Solusi Pembayaran yang Lebih Mudah

PBB atau Pajak Bumi Bangunan adalah salah satu sumber pendapatan pemerintah Indonesia. Oleh karenanya, membayar PBB menjadi kewajiban dari setiap warga negara guna mendukung pembangunan yang dilakukan pemerintah. Nah, saat ini, pemerintah sudah menyediakan cara bayar PBB online yang bisa diakses untuk memudahkan pembayaran pajak.

Seiring dengan perkembangan transaksi online yang semakin masif, tentu saja hadirnya platform pembayaran PBB online adalah salah satu update yang sangat membantu. Anda yang ingin membayar bisa memanfaatkan platform online ini dan tidak perlu untuk datang ke kantor pelayanan pajak. Tentu, proses pembayaran PBB online pun akan lebih cepat daripada offline.

Manfaat e-Billing Untuk Mekanisme Pembayaran Pajak

Untuk memberikan fasilitas pembayaran PBB online, pemerintah telah membuat aplikasi e-billing. Aplikasi ini tentu saja akan memudahkan setiap warga negara untuk menunaikan kewajiban mereka.

Ada beberapa manfaat dari e-billing yang berhubungan dengan pembayaran PBB online. Adapun beberapa manfaat dari program ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meminimalkan terjadinya kesalahan dalam proses pembayaran PBB
  • Menyimpan data transaksi dalam waktu yang lama
  • Mengurangi risiko terjadinya kehilangan data karena kelalaian dan sebab lainnya
  • Memudahkan proses pembayaran pajak
  • Mendorong masyarakat untuk lebih taat dalam pembayaran PBB

Cara Mendapatkan Kode Billing

Agar dapat melakukan pembayaran PBB secara online, maka Anda harus memiliki kode billing terlebih dahulu. Untuk mendapatkan kode billing ini, Anda bisa mendapatkannya di beberapa layanan, yaitu:

  • Service center dan teller bank yang berafiliasi dengan pemerintah terkait pembayaran PBB
  • Kantor POS cabang setempat
  • Situs pajak online dengan menggunakan surat setoran elektronik atau SSE2 yang tersedia
  • Menggunakan kode panggilan *141*500# khusus untuk pelanggan Telkomsel
  • Menggunakan layanan telepon yang disediakan oleh kantor pajak di nomor 1500200 khusus untuk melakukan verifikasi data bagi wajib pajak orang pribadi

Beberapa poin di atas bisa dijadikan acuan untuk mendapatkan kode billing. Tentu saja, kode billing ini sangat penting agar transaksi pembayaran PBB secara online bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Cek dan Bayar PBB Online

Terkait pembayaran PBB melalui sistem online, ada beberapa cara yang bisa dilakukan baik untuk pengecekan dan pembayaran. Adapun beberapa cara yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran dan pengecekan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengecek pembayaran PBB melalui website resmi pemerintah daerah. Anda bisa mencari website tersebut, memasukkan nomor pajak dan kemudian masuk ke menu pembayaran. Hanya saja, belum semua daerah menawarkan fasilitas ini
  • Mengecek PBB melalui portal e-commerce yang berhubungan dengan pemerintah. Ada beberapa e-commerce yang menyediakan layanan pembayaran PBB yang bisa dimanfaatkan dengan lebih mudah
  • Mengecek pembayaran PBB di minimarket yang berafiliasi dengan pemerintah

Setelah mengetahui cara bayar PBB online, Anda bisa melakukan pembayaran PBB di beberapa tempat, seperti ATM, teller bank, kantor pos dan juga mobile banking. Semoga bermanfaat.