Canggihnya Oppo X2 dan X2 Pro, Seri Smartphone Keluaran Oppo

main image

Produsen smartphone asal China, yaitu Oppo berhasil meluncurkan dua produk terbarunya di Indonesia yaitu Oppo X2 dan Oppo X2 Pro, yang tergabung dalam seri Find X. Pada peluncuran resminya, Maret 2020 lalu, kedua ponsel tersebut digadang-gadang akan menjadi smartphone yang menciptakan standar baru untuk ponsel di kelasnya. Ivan Lau selaku CEO Oppo Indonesia menjelaskan maksud standar tersebut adalah berkenaan dengan hal yang ditawarkan kepada calon pengguna dari smartphone ini, yaitu The Ultimate Visual Experience, The Ultimate Performance, dan The Ultimate Design Experience.

Apabila dilihat sekilas, kedua smartphone dari seri ini yaitu Find X2 dan X2 Pro, tidak ada perbedaan diantara keduanya. Hal ini benar karena baik Find X2 maupun X2 Pro sama-sama mengusung layar AMOLED dengan ukutan 6,7 inci yang diproteksi Gorilla Glass 6. Kesamaan lainnya adalah keduanya memiliki tiga lensa kamera di bagian belakang, sama-sama menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865 yang dipadukan dengan RAM 12 GB dan sistem android yang berjalan adalah Android 10 dengan antarmuka pengguna ColorOS 7.1.

Teknologi yang melengkapi Find X2 Pro adalah teknologi Ultra Steady Video Pro dan Ultra Steady Video. Tidak hanya memungkinkan perekaman video dengan resolusi 4K 60fps, Find X2 Pro juga memungkinkan perekaman video secara Live HDR. Hal ini didukung dengan kombinasi antara perekaman video 10bit, pixel-level real-time grading exposure, dan kalibrasi warna video, sehingga highlights dan bayangan dalam rekaman Find X2 Pro menjadikan rekaman dengan cahaya belakang lebih jelas dan memberikan efek yang lebih bertekstur pada video.

Patrick Owen, selaku Chief Creative Officer Oppo Indonesia menjelaskan, bahwa fitur-fitur yang disematkan di seri Find X2 ini dapat menciptakan pengalaman sinematik bagi setiap penggunanya. Foto yang diambil dengan smartphone akan terpotret secara lebih akurat. Smartphone ini juga menguntungkan mereka yang memiliki hobi traveling hingga beraktivitas ekstrim. Apabila ingin merekam video, hasil video yang dihasilkan akan terekam dengan jernih, stabil, dan minim noise. 

Seri Find X2 dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 865 Mobile Platform. Teknologi ini secara efektif mengatur jaringan yang kompleks seperti 4G, 5G, dan WiFi sehingga untuk masalah performa, smartphone seri ini dijamin berjalan mulus. Seri Find X2 juga mengintegrasikan teknologi OPPO Smart 5G dan mendukung 5G + 4G dual-receiver, dual-card, serta dual-standby dengan jaringan yang lebih stabil. 

Untuk hal ketahanan baterai, Find X2 dibekali baterai dengan kapasitas 4200mAh, sementara Find X2 Pro memiliki kapasitas baterai 4260mAh. Meski berbeda kapasitas, keduanya sama-sama dilengkapi dengan teknologi 65W SuperVOOC 2.0 flash charge sehingga dapat mengisi daya dengan waktu singkat, yaitu hanya dalam waktu 38 menit.

Selain itu, Oppo juga memprioritaskan keamanan data penggunanya. Hal ini diwujudkan dengan adanya Private Safe, Payment Protection, dan App Lock. Private Safe memungkinkan pengguna untuk melindungi informasi pribadi saat mengakses aplikasi pihak ketiga, Payment Protection dapat memastikan keamanan finansial dengan cara memindai lingkungan pembayaran pada sistem dan aplikasi, sementara App Lock akan mengenkripsi aplikasi yang hanya bisa diakses dengan kode sandi atau pemindaian sidik jari pengguna.

Soal harga, Oppo Find X2 tersedia dalam dua varian warna yakni Dark Sea dan Blue Wave dengan harga Rp14.999 juta. Sementara dua pilihan warna Find X2 Pro adalah Tea Orange dan Dark Sea, dijual dengan harga Rp17.999 juta.