Berikut Ini Adalah Perbedaan Antara SMP Dan SMA

Berikut Ini Adalah Perbedaan Antara SMP Dan SMA

 

Apakah Anda mengerti perbedaan antara SMP dan SMA? Sepintas, kedua tingkatan ini tampaknya diarahkan untuk mempersiapkan siswa memasuki pendidikan tinggi. Namun, kedua tingkatan siswa tersebut memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda.

Baca juga SMP di Bali

Tingkat sekolah menengah pertama biasanya berfokus pada pengembangan karakter. Sedangkan jenjang SMP merupakan kelanjutan dari masa transisi dimana siswa telah mengalami perubahan dan kemajuan yang signifikan. Akibatnya, kepribadian siswa berkembang dan mereka memahami bagaimana bertanggung jawab atas tindakan mereka.

 

Perbedaan Pembelajaran di SMP dan SMA

Seperti diketahui, sekolah tidak hanya sebagai tempat belajar, tetapi juga secara tidak langsung membentuk kepribadian anak. Ada beberapa perbedaan antara SMP dan SMA.

 

Konsentrasi Belajar

Salah satu perbedaan antara SMP dan SMA adalah penekanan pada pembelajaran. SMP, seperti diketahui, akan fokus pada pengembangan karakter siswa. Tingkat sekolah menengah pertama dianggap lanjutan dan berfungsi sebagai masa transisi dari sekolah dasar.

Sekolah menengah biasanya berfokus pada mata pelajaran dasar. Setiap hari, ada enam hingga delapan kelas khusus dari berbagai mata pelajaran di level ini. Hal ini karena siswa memasuki masa pubertas dan ingin memulai petualangan untuk menemukan jati dirinya.

Hal inilah yang memungkinkan siswa SMP untuk mengikuti berbagai organisasi dan kegiatan sehari-hari. Lebih jauh lagi, siswa di sekolah menengah pertama biasanya menunjukkan berbagai perubahan karakter dari sudut pandang fisik.

Sementara itu, sekolah menengah memiliki kelas blok yang berlangsung sekitar dua jam. Ini juga mencakup berbagai mata pelajaran. SMA biasanya untuk siswa di kelas sepuluh sampai dua belas.

Pola pikir di sekolah mengungkapkan perbedaan belajar antara SMP dan SMA. Siswa sekolah menengah biasanya memiliki cara berpikir yang berubah secara signifikan. Siswa menjadi lebih mampu membuat keputusan dan memahami apa yang benar dan salah.

Meski begitu, bimbingan dari orang yang lebih dewasa tetap diperlukan untuk memastikan anak tidak melakukan kesalahan. Selanjutnya, jenjang SMA akan membantu siswa dalam mengembangkan karakter. Mereka juga harus mampu mempertanggungjawabkan keputusan yang diambil untuk menentukan tingkat kemajuan selanjutnya.

 

Karakter yang Disematkan

Karakter yang ditanamkan membedakan pembelajaran SMP dengan pembelajaran SMA. Sekolah menengah merupakan tempat bagi anak untuk berproses dan tumbuh sebagai individu. Akibatnya, peran orang tua dan pendidik sangat penting dan harus aktif.

Hal ini dilakukan dengan menanamkan berbagai karakter pada anak-anak di sekolah menengah pertama. Berikut beberapa sifat yang harus ditanamkan pada siswa SMP.