Bahaya memakai kosmetik lewat waktunya, jangan anggap remeh

Beautypreneur, tahukah kamu kalaupun seluruh produk make-up atau kosmetik punyai saat lewat waktu? Ya, seperti sama makanan, make-up pula punyai saat kedaluwarsanya sendiri. Tapi, saat tenggat lewat waktu tiap produk kosmetik itu berbeda bergantung susunan yang ada didalamnya.

Umpamanya, produk kosmetik memiliki tekstur cair seperti foundation, rata-rata punyai saat lewat waktu sampai 12 bulan mulai sejak dibuka. Dan produk kosmetik seperti bedak, lipstik, eyeshadow, sampai blush on yang memiliki tekstur bubuk rata-rata punyai saat lewat waktu sampai 2 tahun.

Ternyata masih ada banyak wanita masih yang kerap melewatkan tanggal lewat waktu pada suatu produk make-up. Meski sebenarnya, perbuatan ini cukup beresiko lantaran kalau kamu terus memaksakan gunakan make-up yang telah lewat waktu, dapat memberinya efek jelek di dalam kulit.

 

Baca Juga: 4 Contoh Usaha Kecil Potensial Yang Terdapat di Dekat Kita

 

Lalu, efek jelek atau bahaya apa saja kalau kamu terus gunakan produk make-up yang telah lewat waktu?

  1. Timbulnya jerawat

    Penat gunakan pelbagai jenis skin care, tapi jerawat tetap masih tampak? Barangkali waktunya kamu check tanggal lewat waktu make-up yang kamu pakai. Lantaran rata-rata, kandungan minyak yang ada di base make-up seperti foundation atau krim blush on dapat menggumpal pada sisi permukaan, kalau produk itu telah lewat
    Nah, di saat kamu gunakan produk itu, kemungkinan besar kandungan minyak yang ditempatkan ke kulit itu dapat menyumpal pori-pori, yang mana jadi satu diantaranya yang memicu penting timbulnya jerawat. “Ini merupakan situasi yang dimaksud acne cosmetica. Situasi ini rata-rata sebabkan komedo, pustula (jerawat meradang yang ujungnya punya warna putih), sampai papula (type jerawat yang tampak di bawah kulit) yang disebabkan penyumbatan di pori-pori dan sebabkan perkembangan bakteri,” kata pakar kecantikan selebritis yang berbasiskan di New York.
    Kalau kamu gak mau soal jelek itu berlangsung, karenanya yakinkan tidak untuk gunakan produk make-up yang telah melewati batasan tanggal lewat waktu ya, Beautypreneur.

  2. Kulit jadi iritasi

    Tidak cuman sebabkan munculnya jerawat, rupanya pakai produk kosmetik (seperti primer, krim blush, sampai bedak) yang telah lewat waktu dapat bikin kulit iritasi. Situasi ini rata-rata disinyalir dengan timbulnya rasa gatal, kemerahan, kering, sampai berlangsungnya kelupasan kulit.
    “Produk krim blush yang telah lewat waktu dapat membuat iritasi kulit, menyumpal pori-pori, sampai mengakibatkan rosacea (tonjolan kemerahan di muka),” kata orang pakar kecantikan asal New York.

  3. Bibir jadi kering dan pecah-pecah

    Lipstik sebagai satu diantaranya produk make-up yang banyak disenangi wanita. Karena sangat kesukaannya, beberapa wanita juga mengumpulkan sangat banyak produk lipstik. Lantaran punyai jumlah lipstik yang banyak itu, kerap kita lantas jadi lupa dengan tanggal kedaluwarsanya. Meski sebenarnya, menurut pakar kecantikan, kalau kita mempraktikkan produk lipstik yang lewat waktu dapat sebabkan beberapa soal di bibir; seperti bibir jadi perih, kasar, pecah-pecah, kering, sampai “Ketimbang kulit yang ada pada ruangan badan lain, kulit di ruangan bibir terlalu tipis. Tidak hanya itu, kulit di bibir pula mudah kepada bakteri,” jelas pakar kecantikan itu.

 

  1. Munculnya soal serius di bagian mata

    Mata sebagai satu diantaranya bagian badan yang amat peka. Lantaran itu, hindarkanlah pakai produk make-up seperti eyeshadow, eyeliner, sampai maskara yang telah melewati batasan tanggal lewat waktu. Lantaran, produk make-up yang telah lewat waktu dapat sebabkan berlangsungnya timbunan bakteri, dan tentunya kalau terserang mata dapat mengakibatkan pelbagai reaksi. Seperti mata jadi merah, berair, berasa gatal atau perih, sampai munculnya tonjolan di ruangan mata.

Parahnya kembali, dapat bikin mata sembam sampai infeksi,” tutup pakar kecantikan.

 

Baca Juga: Pabrik Maklon Kosmetik Terbaik di Jakarta

 

Nah Beautypreneur, tersebut beberapa dampak atau bahaya kalau kamu gunakan produk make-up yang telah lewat waktu. Sehingga ingat terus untuk melihat ulang tanggal lewat waktu produk make-up kamu ya!