Apakah Terapi Ear Candle Aman untuk Membersihkan Kotoran Telinga?

Kotoran telinga tidak perlu dibersihkan secara rutin karena tubuh memiliki kemampuan untuk mendorong kotoran telinga dengan sendirinya. Namun, kini ada salah satu cara untuk membersihkan kotoran di telinga yaitu dengan terapi kotoran telinga. Terapi ini kini menjamur di mana-mana, baik itu di klinik kecantikan, spa, maupun salon. Namun, apakah terapi ini aman untuk dilakukan?

Apa itu terapi ear candle?

Lilin telinga adalah teknik pembersihan telinga di mana terapis akan memasukkan lilin berbentuk kerucut berongga ke dalam saluran telinga. Lilin yang digunakan dalam terapi ini adalah lilin khusus dengan diameter sekitar 20 cm yang terbuat dari lembaran yang dilapisi sarang lebah, parafin atau kombinasi keduanya.

Lilin ini biasanya juga mengandung chamomile dan sage yang akan memberikan efek relaksasi. Selain membersihkan telinga, perawatan ini juga diklaim memiliki beberapa manfaat lain seperti mengurangi sinusitis, meredakan gangguan pendengaran, masuk angin, sakit kepala, melancarkan peredaran darah hingga menghilangkan stres.

Apakah aman membersihkan telinga dengan ear candle?

Meski perawatan ini diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sayangnya hingga saat ini belum ada penelitian yang memastikan apakah terapi ini efektif untuk membersihkan kulit telinga. Menurut American Academy of Audiology, tidak ada bukti ilmiah bahwa kotoran telinga dapat menarik kotoran yang ada di dalam telinga.

Sedang mencari alat bantu dengar? bisa kunjungi pusat alat bantu dengar aqm-hearingcenter.com

Ini didasarkan pada pengukuran yang dilakukan di saluran telinga sebelum dan sesudah terapi kotoran telinga. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa kotoran di telinga belum turun. Para peneliti justru menemukan ada serpihan abu yang mengendap akibat lilin yang menyala.

Tak hanya itu, beberapa peneliti bahkan menganggap terapi kotoran telinga hanyalah mitos. Kotoran yang ditunjukkan oleh terapis setelah terapi sebenarnya adalah sisa-sisa lilin yang terbakar, bukan lilin di telinga. Jika tidak diinginkan, sisa pembakaran akan bercampur dengan saluran telinga yang menjadi akum dan menjadi kering.

Seiring waktu, ini akan memperburuk gangguan pendengaran Anda. Kesimpulannya, dapat dikatakan bahwa kotoran telinga adalah pengobatan yang tidak dianjurkan untuk membersihkan telinga.

Baca juga yuk fungsi saluran eustachius pada telinga.

Apa saja risiko dan bahaya terapi ear candle?

Seperti disebutkan di atas, kotoran telinga dapat mempengaruhi Anda. Berikut beberapa risiko perawatan kotoran telinga yang harus Anda waspadai:

  • Hilangnya pendengaran yang bersifat sementara
  • Terapi ini bisa menyebabkan luka serius, seperti luka bakar dan iritasi di bagian wajah, gendang telinga, bahkan bagian dalam telinga.
  • Kerusakan pada gendang telinga yang tersumbat
  • Selain itu, lelehan lilin yang menetes ke dalam telinga juga bisa membahayakan daerah sekitar telinga, bahkan bisa berisiko terjadinya perdarahan di bagian telinga.