9 Suku di Indonesia yang Populer

10 Perbedaan Arti Kosakata Bahasa Jawa Versi Jawa Timur vs Jawa Tengah

Indonesia adalah negara yang memiliki suku yang beragam. Diantara banyaknya suku tersebut, terdapat beberapa suku yang menjadi mayoritas suku warga Indonesia, berikut merupakan beberapa suku yang populer di Indonesia.

  1. Suku Jawa

Populasi suku bangsa terbesar di Indonesia ditempati Suku Jawa dengan jumlah kurang lebih 109 juta orang. Angka tersebut adalah sekitar 40,2% dari total penduduk Indonesia.

Suku Jawa ini merupakan gabungan dari Suku Jawa, Osing, Tengger, Samin, Bawean/Boyan, Naga, Nagaring dan suku-suku lainnya. Suku-suku tersebut berasal dari Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Suku Sunda

Mayoritas suku Sunda tinggal di Jawa Barat. Populasinya mencapai 42 juta jiwa yang berarti 15,5% dari penduduk Indonesia atau terbesar kedua setelah Suku Jawa.

Suku Sunda memiliki beragam tari tradisional khas diantaranya populer di Indonesia, yakni Tari Jaipong, Tari Topeng, dan Tari Rampak Rendang. Selain itu, ada juga beberapa tradisi yang dapat mempererat tali silaturahmi seperti munggahan.

  1. Suku Batak

Suku Batak merupakan suku bangsa dengan populasi terbesar ketiga di Indonesia dengan total mencapai 9 juta jiwa. Angka tersebut merupakan 3,6% dari total populasi yang ada di Indonesia.

Suku Batak umumnya tinggal di Provinsi Sumatera Utara. Suku Batak memiliki sub suku atau cabang yaitu Suku Batak Mandailing, Batak Toba, Batak Tapanuli, Batak Angkola Karo, dan lainnya.

  1. Suku Bugis

Di Pulau Sulawesi terdapat Suku Bugis yang jumlah populasinya mencapai 2 juta jiwa. Itu berarti orang denga suku Bugis berjumlah sebanyak 2,7% dari populasi Indonesia.

Suku ini tinggal di provinsi Sulawesi Selatan. Ada juga yang tinggal di sekitarnya sehingga perkembangan suku ini cukup cepat.

  1. Suku Asmat

Suku terbesar di Papua adalah suku Asmat. Suku ini tinggal di rumah adat yang disebut rumah Jew dengan berbagai kelengkapan yang didominasi oleh senjata.

Di dalam Jew yang juga disebut dengan rumah bujang ini tersimpan senjata Suku Asmat berupa tombak, panah, dan noken. Beberapa senjata tersebut digunakan untuk berburu.

  1. Suku Ambon

Mayoritas dari Suku Ambon tinggal Provinsi Maluku. Suku ini dikenal sebagai suku pelaut karena kondisi geografis di wilayah Maluku yang berupa kepulauan.

Ciri khas Suku Ambon adalah penggunaan alat musik Tifa yang mirip dengan gendan. Sama dengan gendang, cara memainkan Tifa adalah dengan cara dipukul.

  1. Suku Dayak

Mayoritas dari Suku Dayak mendiami Pulau Kalimantan. Sub sukunya atau cabang sukunya pun beragam, mulai dari Dayak Kanayatn, Dayak Bubung, hingga Dayak Angan.

Rumah Bentang merupakan rumah adat dari suku ini. Bentuk dari rumah Bentang adalah memanjang dan didiami oleh beberapa keluarga.

  1. Suku Bali

Sesuai dengan namanya, Suku Bali adalah yang suku mayoritasnya tinggal di Pulau Bali. Selain di Bali, suku ini juga tinggal di berbagai provinsi di Indonesia diantaranya Lampung, Bengkulu, dan Nusa Tenggara Barat.

Suku Bali umumnya memiliki kepercayaan agama Hindu dan memiliki ciri khas mahir dalam memproduksi kesenian. Seni tari, seni lukis, seni ukiran, dan beberapa seni lainnya dapat dilakoni oleh suku ini.

  1. Suku Betawi

Suku Betawi merupakan suku bangsa yang mendiami wilayah Ibukota DKI Jakarta dan sekitarnya. Suku Betawi sendiri dikenal sebagai suku dari hasil perkawinan dari berbagai suku bangsa dan etnis.

Ciri khas Suku Betawi adalah kesenian Gambang Kromong yang memadukan beberapa budaya dari luar negeri. Ada juga kesenian Lenong yang bisa membuat penonton tertawa.

 

Itulah suku bangsa yang menjadi mayoritas penduduk Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat.