Tips Beli Drone Terbaik yang Perlu Pemula Ketahui

Drone jadi pujaan baru untuk membagi photografi dan videografi. Jika kamu ingin beli drone, tetapi tetap pemula dan benar-benar belum mengetahui featurenya? Karena itu membeli drone terbaik susah-susah gampang. Apa lagi sekarang ini banyak merk drone dengan harga terjangkau yang dipasarkan di online shop.

Tips Beli Drone Terbaik yang Perlu Pemula Ketahui

Sebetulnya bila kamu masih pemula dan belum mengusai mengontrol drone karena itu kamu dapat coba membeli drone yang murah dahulu. Dengan demikian kamu tidak cemas akan menubruk secara tidak menyengaja atau justru menghilangkan.

Apa tipe dan ketidaksamaan peranan drone? Wujud dan ukuran drone secara umum bermacam dari jumlahnya rotor yang ada pada bagian body. Rotor ialah elemen pendorong elektrik yang berperan untuk hasilkan torsi dan kecepatan supaya drone bergerak secara imbang. Salah satunya tipe drone yang dikenali pada umumnya ialah quadcopter dengan 4 buah rotor.

Drone yang lain mempunyai panggilan yang sesuai jumlah rotor, misalkan hexcopter (6 rotor), octocopter (8 rotor), dan sebagainya. Bukan hanya berperan untuk keperluan photografi yang dikenali oleh sebagian besar, drone mempunyai peranan lain seperti mengetahui kehidupan di alam liar, mengalihkan barang, sampai menghitung dan mengenali ketinggian cerobong asap di pabrik.

Drone apakah yang pas untuk yang baru memulai? Untuk keperluan beberapa pemula, seharusnya latihan menjalankan drone tipe quadcopter. Quadcopter direferensikan karena feature terbangnya yang lebih konstan, hingga beberapa pemula dapat mengontrol manuver drone lebih gampang dan aman.

Saat sebelum memakai drone untuk keperluan aerial fotografi, kamu seharusnya latihan dengan memakai quadcopter untuk belajar mengontrol sejumlah fitur dasar pada drone.

Keperluannya buat apa? Tipe dan peranan drone makin bermacam, baik dari sisi wujud, ukuran dan peranan. Saat sebelum beli, yakinkan apa keperluan khusus kamu hingga harus beli drone?

Bila kamu membutuhkan drone untuk keperluan dokumentasi video, kamu dapat pilih drone ready-to-fly (RTF) untuk pemakaian yang lebih ringkas dengan susunan yang konstan. Ini memberi agunan jika drone bisa bergerak lebih mulus dibanding dengan tipe drone do-it-yourself (DIY).

Tetapi jika menurut seorang pemakai drone, Andry (32), dia akui cenderung pilih tipe drone DIY. Karena minatnya untuk membuat sendiri drone yang sesuai hobynya. Peranan drone DIY dapat disamakan dengan keperluan dokumentasi memakai tambahan go-pro atau elemen lain pada penunjang drone.

Apa isi paket drone yang dibeli? Febrian (26), seorang penjual drone online menjelaskan jika sebagian besar konsumen setia bertanya elemen apa yang terhitung dalam paket pembelian. Drone umumnya telah ada pada sebuah paket komplet yang berisi battery, pengisi daya, propeller cadangan, dan sebagainya. Ini penting supaya kamu bisa mengenali keperluan saat salah satunya elemen drone lenyap atau hancur.

Apa tipe batterynya? Keperluan daya battery tentu saja jadi aspek khusus yang perlu diperhitungkan saat beli drone. Kamu harus ketahui apa drone menggunakan battery biasa (battery tipe AA atau AAA, umumnya dipasarkan terpisah) atau battery yang bisa diisi ulangi (rechargeable lithium). Umumnya, untuk battery yang bisa diisi ulangi, battery telah ada di pada sebuah paket yang serupa dengan drone.

Bila beli battery yang bisa diisi ulangi, tentu saja perlu sediakan saluran listrik atau battery cadangan saat bawa drone melancong.

Berapakah lamanya waktu terbangnya? Bila tidak ingin ribet bawa battery cadangan, yakinkan ketahanan battery drone cukup buat dipakai. Janganlah sampai battery drone habis saat merekam.

Secara umum waktu terbang mini quadcopter cuman sekitar dari 7-20 menit, durasi waktu yang cukup ingat peranan secara umum ditujukan untuk pemula yang ingin latih ketrampilan kendalian remote. Untuk tipe drone profesional dari DJI, durasi waktu terbang maksimal dapat sekitar di antara 15-28 menit agar bisa menampung keperluan dokumentasi photo atau video.

Pastikanlah kamu sudah tahu, berapakah harga? Tidak boleh dahulu terjerat dengan iklan atau rayuan rekan, harga drone yang mahal belum pasti jamin kualitas drone yang oke. Apa lagi untuk keperluan beberapa pemula, cukup dengan range harga Rp250 ribu sampai Rp1 juta kamu bisa memperoleh drone quadcopter imut yang pas dipakai untuk kepentingan latihan.

Bila kamu telah membutuhkan peranan drone di tahapan professional, tentu saja capaian harga semakin tinggi dengan range Rp6 juta sampai Rp25 juta.

Sekarang ini, ada pula inovasi feature pocket drone yakni drone portabel yang terkenal dipakai untuk keperluan photografi, untuk sekarang ini harga dibandrol dari Rp3,tujuh juta sampai Rp10 juta.

Telah ada deskripsi mana drone yang terbaik buat kamu? Janganlah lupa ya, saat sebelum beli kamu harus cermat dengan feature dan keperluannya. Ingat, harga mahal belum pasti berkualitas!

 

Baca Juga: Anime perempuan tomboy tapi cantik
Baca Selengkapnya di Kartunisia