5 Cara Merawat Bayi Saat Demam

5 Cara Merawat Bayi Saat Demam

 Demam pada bayi terjadi karena beberapa hal, misalnya karena tumbuh gigi atau sedang terkena alergi. Demam merupakan peningkatan suhu normal bayi yaitu 36,5-37 derajat Celcius ke suhu yang lebih tinggi. Bayi mengalami demam adalah hal biasa karena kesehatan bayi masih rentan. Oleh karena itu, orangtua tidak perlu panik asal penanganan demam tepat.

Merawat Bayi Saat Demam

Demam biasa pada bayi akan sembuh dengan sendirinya. Berikut adalah beberapa cara merawat bayi saat sedang demam:

1.     Beri Minum yang Cukup

Saat demam, baik orang dewasa maupun bayi dan anak-anak akan mudah terkena dehidrasi. Cairan tubuh akan cepat menghilang karena suhu tubuh meningkat. Agar tidak ada dehidrasi, berilah bayi Anda minum yang cukup. Apabila bayi masih belum mengonsumsi MPASI, berilah ASI atau susu formula seperti biasa. Jika bayi Anda sudah mengonsumsi MPASI, berilah air putih cukup.

Memberikan minuman dapat mengatasi dehidrasi dan juga mencegah darah mengental. Darah yang mengental dapat menyebabkan kejang pada bayi.

2.     Pakaian yang Tipis dan Nyaman

Berilah bayi Anda pakaian yang tipis agar tidak sesak dan juga menyerap keringat. Pakaian tebal justru akan membuat buah hati Anda terasa sesak dan juga tidak nyaman. Pakaian tebal tidak akan membuat bayi terbebas dari kedinginan. Anda dapat menyelimuti bayi Anda dibanding menggunakan pakaian tebal.

3.     Kompres Air Hangat

Kompres membantu menurunkan suhu tubuh panas ke suhu normal bayi. Letakkan kompres handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat ke dahi, selangkangan, atau di lipatan ketiak.

Letakkan kompres selama 15-20 menit. Sebaiknya air hangat yang digunakan untuk mengompres sesuai dengan hangat-hangat kuku. Gunakanlah kompres hingga suhu tubuh anak Anda kembali normal. Cek dengan termometer untuk menunjukkan bahwa suhu tubuh anak Anda telah turun.

4.     Seka dengan Air Hangat

Meski sedang demam, menjaga kebersihan juga bagian dari menjaga kesehatan. Oleh karena itu mandi atau menyeka badan dengan anak dengan air hangat juga penting. Uap air yang hangat membantu buah hati Anda akan lebih bernafas dengan lega. Anda juga bisa mencampurkan minyak esensial di air hangat untuk membuat si kecil lebih rileks.

5.     Menggunakan Humidifier

Humidifier atau pelembab udara digunakan apabila udara di sekitar Anda terasa kering. Alat ini menyemprotkan uap air agar udara terasa lembab dan nyaman. Untuk anak Anda yang demam karena pilek atau batuk, menggunakan humidifier akan membantu melegakan pernapasannya. Anda bisa mencampurkan minyak esensial sehingga udara terasa lebih nyaman.  

Suhu normal bayi akan pulih dalam beberapa hari jika demam hanya biasa saja. Namun, Anda harus segera membawa ke dokter apabila gejala demam disertai dengan diare, terdapat ruam, sesak napas atau muntah. Kesehatan bayi memang sangat rentan, selalu perhatikan lingkungan sekitar dan juga penuhilah imunisasinya akan bayi terlindung dari penyakit berbahaya.