4 Cara Screenshot di Laptop

Hasil gambar dari tangkapan layar atau biasa disebut dengan screenshot yang digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satu yang paling sering digunakan  untuk bahan presentasi, atau sekedar meng-copy, dan membagikannya ke orang lain melalui media sosial.

 

Setiap sistem screenshot tersebut juga punya cara lain yang berbeda, dan tidak bisa dilakukan pada sistem operasi yang berbeda. Berikut ini sudekat akan memberikan step by step screenshot di laptop.

1. Dengan Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Cara screenshot di laptop berikutnya dengan menekan tombol Windows + Shift + S atau dikenal sebagai Snip dan Sketch. Snip adalah aplikasi screenshot bawaan windows.

Dengan menggunakan tombol windows + Shift + S ini, kamu dapat menangkap lebih sesuai dengan keinginanmu. setelah menekan tombol tersebut, tampilan layar ini akan membuat layar menjadi redup dan kursor terlihat berbeda. 

2. Menggunakan Tombol PrintScreen

Gunakan tombol printscreen yang merupakan salah satu cara screenshot di laptop dengan 1 tombol yang paling mudah yaitu dengan menekan tombol print screen. 

Yang harus kamu perhatikan dari cara screenshot  di laptop ini, tidak semua laptop bisa melakukan cara screenshot dengan 1 tombol. Karena ada juga yang harus mengkombinasikan tombol print screen dengan tombol lainnya.

3. Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Cara screenshot di laptop yang ketiga dengan menggunakan tombol Alt + Print Screen. Tombol ini bisa membuat kamu mengambil gambar yang sedang aktif saja, tidak seluruh layar. 

Berikut langkah-langkahnya:

  •  Kamu bisa membuka Microsoft Word dan minimize.

  • Tekanlah kombinasi tombol Alt + Print Screen untuk menyimpan gambar pada clipboard

  • Lalu bukalah aplikasi paint dan paste (Ctrl + V) hasil screenshot.

4. Tombol Shift+Command+5

Dengan menggunakan tombol Shift+Command+5 ini, kamu bisa menangkap otomatis bagian jendela yang dibuka saja. 

Caranya dengan :

  • Buka jendela atau menu yang ingin di-screenshot

  • Menekan dan menahan tombol Shift+Command+5 secara bersamaan. Untuk membatalkan pengambilan jepretan layar.

Demikian cara screenshot laptop dengan mudah tanpa aplikasi. Jika kamu kesulitan, kamu dapat mencoba dengan cara di atas.