Perawatan Dasar Untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Sadar pentingnya kesehatan gigi membuat Anda lebih mantap untuk melakukan perawatan. Seperti dicontohkan dengan pemakaian behel yang menelan biaya besar seperti penebusan harga kawat gigi itu sendiri. Namun untuk perawatan dasar, Anda bisa menerapkan caranya sesimple mungkin tapi hasilnya sangat luar biasa.

Perawatan ini bisa dikatakan wajib bagi siapa saja. Perawatannya juga lebih ringan. Anda tidak akan kerepotan ketika mengerjakannya. Toh, itu juga bagus untuk menunjang kesehatan gigi Anda dalam waktu yang lama. Nah, apa saja jenis perawatan yang Anda butuhkan?

Biasakan Menjaga Kebersihan Gigi

Kebersihan adalah pangkal dari kesehatan. Siapapun pastinya sudah mengenal pribahasa ini. Namun prakteknya, tidak semua orang melakukannya dengan baik. Contohnya adalah kebersihan gigi.

Pembersihannya sebenarnya sangatlah simple. Anda perlu merutinkan sikat gigi di tiap harinya. Idealnya, Anda cukup mengerjakannya 3 kali dalam sehari.

Pembersihan semacam ini sudah cukup untuk membuat kotoran/sisa makanan tidak menempel pada sela-sela gigi. Gigipun menjadi lebih putih. Bebas dari masalah plak dan masalah kesehatan lainnya.

Khusus untuk waktu paling krusial, sikat gigi ini dilakukan sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Kedua waktu ini dipandang sangat baik untuk dilakukannya gosok gigi. Karena waktu tidur adalah waktu dimana bakteri tidak tersentuh sehingga menyebabkan keasaman yang sangat tinggi. Keasaman ini menjadi pemicu pada kerusakan gigi.

Kemudian untuk mendukungnya, jangan lupakan untuk menggunakan benang. Benang tipis untuk membersihkan sela-sela gigi sangat direkomendasikan. Anda tidak diminta untuk melakukan terlalu sering. Cukup 1 kali saja. Yang terpenting kotoran bisa terangkat dari sela-sela gigi secara sempurna.

Bersihkan Permukaan Lidah

Bagian mulut yang biasanya luput dari perawatan adalah lidah. Biasanya, seseorang tidak menyentuh bagian ini ketika menyikat gigi. Padahal, lidah merupakan tempat paling penting di dalam mulut.

Perlu diketahui bahwa bakteri ini jumlahnya cukup besar di area lidah. Bahkan dipercaya lebih besar ketimbang yang ditemukan dalam area gigi. Jadi, pantas saja Anda dianjurkan untuk membersihkannya.

Ketika tidak tersentuh, tentu saja bakteri ini masih berkembang biak dengan sangat baik. Bakteri inipun turut mendukung pada kerusakan gigi kedepannya. Bahkan memicu bau mulut yang membuat Anda tidak percaya diri di hadapan orang lain.

Menyadari akan hal ini, sudah semestinya Anda melakukan penyikatan. Anda bisa membeli sikat khusus untuk lidah. Gunakan dengan baik, maka mulut sudah terjaga kebersihannya.

Rutin Memeriksakan Diri

Setelah membiasakan beberapa hal di atas, Andapun diajak untuk rutin memeriksakan kesehatan gigi di dokter. Pemeriksaan ini normalnya dilakukan tiap 6 bulan sekali. Pemeriksaan seperti ini akan membantu Anda dalam mengenali sejumlah masalah yang terdapat pada gigi.

Bilamana ada masalah gigi goyang ataupun kurang rapi, Anda bisa mengetahuinya sambil mengambil tindakan. Contohnya adalah memasang behel. Toh, dokter juga siap mewujudkannya dengan membantu pemasangan sekaligus merekomendasikan jenis dan harga kawat gigi itu sendiri.

Begitu pula jika muncul gejala gigi berlubang, dokterpun akan memberikan saran tentang bagaimana cara melakukan penanganan. Penanganan lebih dini akan meminimalkan masalah tersebut. Dan ini jauh lebih baik ketimbang Anda membiarkannya lebih lama.

Ketika dibiarkan, lubang akan semakin lebar. Rasa sakit akan dirasakan dan seakan Anda ingin mencopotnya. Maka dari itu, pemeriksaan rutin dianjurkan untuk menghindari masalah-masalah serupa dengannya.

Kesimpulannya, kesehatan gigi bisa diusahakan dengan membiasakan hal paling sederhana. Asalkan Anda rutin melakukannya, resiko gigi bermasalah bisa diminimalisir. Tapi untuk kurang ratanya gigi, Anda tetap butuh perawatan tambahan seperti behel. Untuk jenis behelnya bisa dicek di rata.id yang merupakan tempat yang tepat untuk menengok harga kawat gigi untuk dibeli.

Leave a Comment