Agar Pipa Air Tidak Cepat Bocor Dan Tahan Hingga Belasan Tahun

Sebenarnya pipa saluran air di rumah cepat bocor bukan semata-mata kualitas pipa atau lem pipa yang kurang bagus. Namun terkadang hal tersebut disebabkan oleh faktor lainnya. Contoh sederhananya bisa disebabkan karena proses korosi.

Sebaik apapun kualitas pipa tidak akan selamanya bertahan baik. Dan korosi adalah hal yang tidak bisa terhindarkan. Apalagi jika paralon di rumah sudah belasan tahun lamanya. Terlebih lagi proses korosi ini umumnya sulit terdeteksi.

Sehingga lama kelamaan akan membentuk sebuah bukaan yang pada akhirnya akan berujung terjadinya kebocoran pada pipa saluran air. Namun sebenarnya tidak hanya dipengaruhi oleh umur pipa saja. Namun ini juga tergantung bagaimana cara mengelem sambungan pipa sehingga sambungan pipa dan sistem perpipaan dapat tahan hingga puluhan tahun.

Sebab senyawa kimia yang terkandung di dalam air juga turut memberikan andil. Pasalnya mineral dan pH yang tidak seimbang bisa semakin mempercepat proses korosi yang terjadi pada pipa yang ada di rumah Anda.

Penyumbatan Dan Tekanan Air

Pipa di rumah cepat bocor terlebih pada sambungannya bisa disebabkan karena adanya penyumbatan. Sebab adanya penyumbatan khususnya pada bagian yang memiliki tekanan air tinggi berpotensi besar mengakibatkan adanya keretakan pada pipa. Jika sudah seperti itu maka tidak butuh waktu lama pipa saluran air akan bocor.

Selain itu jangan terlena dengan kenyamanan tingginya tekanan air di rumah. Pasalnya semakin tinggi tekanan air maka semakin tinggi pula resiko keretakan pada pipa. Apalagi jika sambungan pipanya tidak dilem dengan lem pipa terbaik.

Buruknya Kualitas Pemasangan Pipa

Pemasangan pipa saluran air tidak boleh dipasng secara asal-asalan. Sebab jika salah perhitungan maka potensi kebocoran bisa terjadi kapan saja. Selain itu, jenis pipa yang digunakan juga harus dipikirkan matang-matang.

Apalagi kini jenis pipa saluran air yang ada di pasaran sangatlah beragam. Penting untuk selalu diingat, jangan sampai membeli pipa dengan harga termurah khususnya untuk pemasangan di balik tembok.

Sementara itu untuk pemasangan pipa di luar tembok, Anda bisa menggunakan jenis pipa dengan harga yang lebih terjangkau. Sebab untuk memonitornya tidak akan menyulitkan Anda. Selain itu, jika sewaktu-waktu terjadi ganguan yang tidak diinginkan pun mudah bagi Anda untuk mengatasinya.

Berbeda jika pipa saluran air tadi ditanam di dalam tembok. Terlebih lagi untuk tembok beton. Sudah pasti Anda akan kesulitan untuk mengatasinya jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Makanya sangat disarankan untuk memilih pipa kualitas terbaik seperti halnya pipa Rucika yang didukung dengan lem pipa khusus saat proses perekatannya.

Leave a Comment